Pengakuan 2 Pembalap Supermoto Kelas Dunia Jelang Race Seri Pamungkas Jakarta

Dua pembalap supermoto kelas dunia, Germain Vincenot dan Sylvain Bidart
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

Jakarta – Dua pembalap supermoto kelas dunia, Germain Vincenot dan Sylvain Bidart turut meramaikan seri pamungkas SuperAdventure International Supermoto Race Seri Kejurnas 2023. Ajang ini digelar di Sirkuit Parkir Barat JIExpo Kemayoran, yang diselenggarakan dua hari pada Jumat dan Sabtu, 27-28 Oktober.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Pada hari pertama, diisi dengan Free Practice dan babak kualifikasi untuk semua kelas dimulai pukul 16.00 WIB, Jumat 27 Oktober. Kemudian, Sabtu, 28 Oktober akan berlangsung Race Day Moto 1 dan Moto 2 all category, kemudian dilanjutkan dengan Victory Lap dan penyerahan piala ke pemenang di podium.

Jelang tampil besok, Germain dan Bidart antusias menjalani free practice sore tadi. Pembalap asal Prancis itu juga senang melihat trek sirkuit yang menurut mereka lebih mumpuni untuk race.

Gokar Jadi Batu Loncatan Menuju Ajang Balap Dunia

"Kami hari ini punya kesempatan free practice. Kondisi sirkuit cukup bagus dan kondisi permukaan aspal lebih bersih dari debu dan kotoran, bagus buat balapan besok," ujar Sylvain Bidart ditemui usai latihan. 

Dua pembalap supermoto kelas dunia, Germain Vincenot dan Sylvain Bidart

Photo :
  • VIVA/Ridho Permana
Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

Terkait cuaca dan suhu udara Kota Jakarta yang cenderung panas, Bidart mengaku tidak ada masalah. "Ketkka saya tiba ke sini, kondisi cuaca cukup bagus. Saya enggak ada masalah," ucapnya.

Bidart menjelaskan, seri pamungkas yang digelar di Jakarta cukup tepat, mengingat Jakarta adalah kota yang sangat besar.

"Jadi bagus bagi masyarakat untuk datang ke event ini misalnya jika dibandingkan dengan event serupa (seri sebelumnya) yang diselenggarakan di kota lain," paparnya.

Sementara itu, Germain juga mengutarakan hal yang sama. Ia menilai, kondisi trek bagus begitu juga dengan cuaca Jakarta yang bagi dia cukup bisa dikompromikan kondisi panasnya.

Di ajang ini, Germain dan Bidart akan turun di kelas FFA 450 International. Dia bakal adu cepat dengan sejumlah pebalap lokal Tanah Air yang selama ini punya nama seperti Farudila Adam, Doni Tata, Tommy Salim, serta Yassin Gabriel Somma.

Germain spesialis supermotard ini pernah jadi juara 1 nasional sebanyak dua kali di tahun 2016 dan 2017 kelas 250cc, serta Juara 3 nasional di tahun 2018 dan 2019 kelas 450cc di Perancis.

Untuk Seri Supermoto Race diselenggarakan sebanyak 5 seri. Empat seri sebelumnya telah diselenggarakan di Tasikmalaya, Boyolali, Surabaya, dan Yogyakarta dan seri pamungkas di Jakarta.

Sirkuit yang digunakan di seri pamungkas ini memiliki panjang 200 meter dan lebar 80 meter dengan karakter highspeed dengan karakter tikungan oval rolling high speed yang terdiri dari tujuh tikungan ke kanan dan empat tikungan ke kiri. Kondisi lintasan mayoritas beraspal halus dengan kombinasi aspal kasar di beberapa titik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya