Mental Baja Jonatan Christie, Ubah Serbuan Bully Jadi Prestasi

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, meraih medali emas Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah

VIVA – Figur Jonatan Christie menjadi amat populer usai berhasil meraih medali emas tunggal putra bulutangkis Asian Games 2018 di hadapan publik Istora Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa 28 Agustus lalu. Namun, belum banyak tahu bahwa ada cerita menarik di balik sukses Jojo menapaki podium tertinggi ajang bergengsi Asia empat tahunan tersebut.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Pemain pemilik medali emas tunggal putra SEA Games 2017 itu rupanya punya cara tersendiri menghadapi komentar-komentar negatif yang merendahkan dan bahkan memaki dirinya.

Sebagai atlet bulutangkis, sorotan publik tentunya selalu membayangi di setiap kiprahnya di luar maupun di dalam lapangan. Tak sedikit dari tanggapan yang datang kepadanya merupakan aksi bullying dan serbuan komentar negatif, terlebih lagi di linimasa jagat sosial media.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Meski demikian, Jojo bukanlah pribadi yang cengeng dan menolak "runtuh" dengan serangan bully tersebut. Pebulutangkis yang juga pernah berakting di film bertema bulutangkis "King" itu, justru menyimpan deretan kata-kata bully dalam sebuah folder khusus.  

"Iya benar, ada folder khusus di handphone saya, nama foldernya 'Penyemangat'. Ini nggak niru siapa-siapa, ide sendiri saja. Buat mengingatkan saya kalau lagi di atas jangan sampai lupa diri, kalau lagi di bawah dan dikomentari begini bisa termotivasi," úngkap Jonatan Christie dalam rilis resmi PBSI.

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

"Sudah saya kumpulkan sejak tahun 2015, semua lengkap sampai ada tanggal postingnya. Suatu hari nanti kalau pensiun akan saya bingkai dan pajang di rumah. Mungkin suatu hari nanti akan saya lihatkan kepada anak saya, bahwa kata-kata yang menyakitkan bisa membuat kita jadi orang yang lebih kuat dari sebelumnya," jelasnya.

Jonatan Christie merengkuh medali emas tunggal putra individu Asian Games 2018 usai memenangkan laga final dengan rubber game atas wakil Taiwan, Chou Tien Chen 21-18, 20-22 dan 21-15.

Tunggal putra Jepang, Kento Momota

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Two-time world champion Kento Momota announced on Thursday his resignation from international badminton, admitting he had never been the same since a serious car crash fo

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024