Berkah Merawat Ibu, Marbot Masjid di Semarang Dapat Beasiswa Kuliah di AS

Bersih-bersih Masjid Istiqlal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Semarang – Khoirul Adib selaku mahasiswa UIN Walisongo Semarang berhasil lolos seleksi MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), dia diterima di Rochester Institute of Technology, salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat (AS).

Diwawancarai Media Malaysia, Atta Halilintar Dipuji Warganet Lantaran Bisa Berbahasa Melayu

"Semua tahapan saya lalui dan pada saat pengumuman, 18 Juli 2023, ternyata nama saya dinyatakan lolos untuk bisa mengikuti program MOSMA Student Exchange di kampus ternama Amerika Serikat, Rochester Institute Of Technology," ujarnya dikutip dari laman Kemenag, Senin, 21 Agustus 2023.

Bersih-bersih Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Hardiknas 2024: Menag Yaqut Tegaskan Komitmen Merdeka Belajar untuk Memanusiakan Manusia

Adib tergabung dalam kelompok S1 bersama 106 peserta lainnya, ada 78 peserta untuk jenjang S2 dan 7 mahasiswa untuk jenjang S3.

Sambil menuntut ilmu, Adib juga menjalankan pekerjaan sebagai marbot masjid di Kota Semarang itu mengaku pencapaiannya ini disambut haru oleh keluarga. Dia juga mengungkap terima kasih kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk beasiswa MOSMA ini.

Viral Aksi Konyol Bule di Bali Geber-geber Motor sampai Masuk ke Kolam, Netizen Ngamuk

Adib bukanlah warga asli Semarang, ia selama ini merantau dari Tuban untuk menuntut ilmu. Dia mengatakan untuk bisa berkuliah di Semarang saja sudah membuatnya sangat senang, apalagi bisa menuntut ilmu di luar negeri.

Kendati demikian, sempat ada beban yang sedikit mengganjal di benaknya, pasalnya dalam beberapa bulan terakhir, dia harus bolak balik Semarang-Tuban, Tuban-Semarang menempuh jarak kurang lebih 280 km untuk merawat ibunya yang sakit.

Di tengah rasa bahagia akan pencapaiannya, mahasiswa kelahiran 2002 itu mendapatkan kabar duka. Ibu yang sangat ia sayangi yang dirawatnya selama ini tutup usia.

Adib mengaku bahwa sebelum ini ia juga sempat mendapat tawaran untuk berkuliah di Columbia University, namun tidak sempat menindaklanjuti karena sampai penutupan dia harus merawat ibunya yang saat itu tengah sakit.

Beruntung dia mendapatkan MOSMA dan mendapat kesempatan untuk berkuliah di Rochester Institute of Technology, meski hanya 6 bulan, Adib mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diterimanya kini.

"MOSMA Kemenag ini merupakan langkah awal bagi saya untuk bisa terbang dan terus tholabul ilmi di berbagai negara, dan terus berupaya menemukan sesuatu yang baru," pungkasnya

Bersih-bersih Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya