Tidak Ada Korban Jiwa, Ini 5 Fakta Kecelakaan Kereta Argo Semeru di Kulon Progo

Kecelakaan kereta api KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Kulon Progo DIY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Yogyakarta - Kereta Api Argo Semeru rute Surabaya-Jakarta mengalami anjlok di jalur Sentolo-Wates, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta pada Selasa kemarin, 17 Oktober 2023.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Dalam tayangan video yang beredar terlihat gerbong Kereta Api Argo Semeru anjlok ke luar jalur kereta. Sejumlah penumpang berhamburan keluar dari gerbong kereta. Berikut beberapa faktanya dilansir berbagai sumber:

1. Tidak Ada Korban Jiwa

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Kecelakaan kereta api KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Kulon Progo DIY

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Terkait kecelakan Kereta Api Argo Semeru tidak menelan korban jiwa. Hal tersebut dijelaskan oleh Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati, "Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa."

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Meskipun demikian, ia menambahkan lebih lanjut bahwa pihaknya telah bekerja sama untuk mengevakuasi untuk mengeluarkan barang yang berada di dalam gerbong.

2. Dua Kereta Api yang Anjlok

Kereta Argo Semeru anjlok di Wates

Photo :
  • Istimewa

Dalam kecelakaan tersebut tidak hanya melibatkan Kereta Api Argo Semeru yang anjlok. Namun kereta yang berlawanan pun ikut anjlok yaitu Kereta Api Argo Wilis.

Berawal dari Kereta Api Argo Semeru yang anjlok terlebih dahulu. Lalu ada Kereta Api Argo Wilis yang datang dari arah berlawanan lalu menyenggol kereta Argo Semeru yang menyebabkan Kereta Argo Wilis ikut anjlok

3. Jalur Sentolo-Wates Lumpuh

Kereta Argo Semeru anjlok di Wates

Photo :
  • Istimewa

Akibat anjloknya Kereta Api Argo Semeru dan Argo Wilis mengakibatkan lumpuh yang cukup lama. Hingga harus mengalihkan beberapa rute perjalanan.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Wates-Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend," ungkap Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji.

4. PT KAI Sampaikan Permintaan Maaf

Kereta Suite Class Compartment.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Atas kejadian tersebut, PT KAI sampaikan permintaan maaf atas terganggu pelayanan akibat peristiwa anjloknya Kereta Api Argo Semeru dan Kereta Api Argo Wilis.

"Kedua jalur rel antara Wates-Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," kata Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji, Selasa 17 Oktober 2023.

5. Jalur Dialihkan

Kereta Argo Semeru anjlok di Wates

Photo :
  • Istimewa

Bagi penumpang Kereta Api yang akan mengarah ke Surabaya dan Yogyakarta baik dari rute pemberangkatan dari Bandung maupun dari Jakarta akan dialihkan ke jalur Selatan yaitu rute Cirebon-Purwokerto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya