Ini Cara Nikmati Kopi Agar Lebih Sehat

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Pagi hari terasa sempurna dengan menyesap secangkir kopi hangat atau nikmat kopi dingin untuk sore hari. Sayangnya, sebagian besar kopi mengandung gula yang berdampak buruk untuk tubuh.

Ramai Peminat, Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Memang sulit melepas kebiasaan untuk menyesap secangkir kopi dalam satu hari. "Kopi seperti menenggak obat pertama dalam satu hari," ujar pemilik The Sugar Detox, Brooke Alpert, RD, yang dikutip dari laman Fox news.

Bahkan secangkir kecil vanilla latte dapat mengandung 14 gram atau hampir empat sendok teh gula tambahan, yang telah melebihi batas konsumsi untuk tubuh selama satu hari. The American Heart Association juga merekomendasikan bahwa para wanita sebaiknya konsumsi gula tambahan tidak lebih dari 24 gram sehari.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Terlebih, penggunaan gula cair di kopi, dapat diserap dengan cepat ke dalam peredaran darah. Apalagi jika meminumnya di pagi hari, akan membuat tubuh menginginkan lebih banyak gula lagi.

Sehingga, sebaiknya tidak menambahkan gula jenis apapun ke dalam kopi Anda. Kurangi perlahan konsumsi gula Anda di secangkir kopi dalam waktu satu hingga dua hari.

Jangan Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Pilihan lainnya, lanjut Brooke, pesan kopi tanpa pemanis dengan setengah susu atau krim dan taburkan bubuk kayu manis di atasnya. Atau, bisa meminta barista mencampurkam kopi, susu dan es batu. Biasanya, orang tidak terlalu merasakan pahitnya kopi saat dalam keadaan dingin.

Jika masih merasa belum nyaman dengan pahitnya kopi, pilih teh dengan rasa yang lebih segar seperti buah atau vanilla, agar manisnya terasa lebih alami.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya