Manfaat Luar Biasa Sentuhan Fisik Orang Tua untuk si Kecil

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang tua yang salah dalam memahami bentuk pemberian kasih sayang pada si kecil. Biasanya, orangtua cenderung merasa cukup setelah memberikan uang. Padahal, kasih sayang yang dibutuhkan anak bukan sekadar materi.

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Ada hal-hal yang seharusnya lebih sensitif diberikan orang tua kepada anak. Bentuk kasih sayang yang dapat diberikan salah satunya yaitu pujian.

"Orangtua memuji dan memberi afirmasi pada anak. Sebaiknya orangtua hanya memuji anak bila ia telah melakukan usaha tertentu agar anak tidak menjadi sombong. Misalnya anak mendapatkan nilai baik setelah belajar, anak mau membantu ibu, dan lain-lain," ujar psikolog anak, Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, dalam acara Nestle Lactogrow Happy Wonderland di kawasan SCBD Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Dia menyarankan memuji anak karena kerja kerasnya, dan bukan pada karakteristik yang dimilikinya. Kemudian, yang tidak kalah penting yaitu sentuhan fisik.

"Usap pundak, rambutnya. Sentuhan fisik bagus untuk hubungan orangtua dan anak, makin intim, ada bonding dari peningkatan oksitosin. Per hari orangtua dianjurkan melakukan minimal 8 kali sentuhan fisik dengan anak, baik berupa kecupan, pelukan atau usapan," lanjutnya lagi.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Pemberian sentuhan fisik, diharuskan agar kekuatan kedekatan orangtua dan anak semakin baik. Nah, hal terakhir sebagai bentuk kasih sayang yaitu dalam bentuk materi. Tapi, hal ini juga ada syaratnya.

"Anak merasa dicintai ketika ada rewards dari orangtuanya. Tidak harus mahal, yang penting surprise tentang hal-hal yang ia suka. Misalnya dibuatkan sandwich kesukaan, atau bento yang lucu-lucu. Anak-anak kan biasanya suka." (ren)

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Artis kontroversial Nikita Mirzani kembali melontarkan komentar pedasnya, terhadap hidup putri sulungnya yang di nilai semakin hari semakin memperburuk keadaan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024