Mengenal Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic

Ilustrasi Moonroof.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Banyak penggemar otomotif yang masih belum bisa membedakan jenis kaca yang ada di atap mobil.

Terpopuler: 3 Mobil Listrik Dijual Lebih Murah, Alasan Mitsubishi Xforce Tanpa Sunroof

Fungsinya memang sama, yakni agar penumpang bisa menikmati indahnya pemandangan langit. Tapi sebenarnya, kaca tersebut terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda cara kerjanya.

Pemilik Garasi Sunroof, Dewa, mengatakan, sunroof, moonroof dan panoramic memiliki perbedaan. Kata dia, sunroof itu adalah model kaca yang bila dibuka membentuk sudut tertentu. Sedangkan, kaca yang terbuka masuk ke dalam atap itu moonroof.

3 Alasan Sunroof Absen di Mitsubishi Xforce, Bukan karena Harga

Istilah panoramic dipakai untuk model yang memakai kaca berukuran besar. Model ini terbagi menjadi dua varian, dua kaca dan tiga kaca. Umumnya, kaca model ini bisa dibuka secara elektronik.

"Tapi, ada juga panoramic yang kaca mati, jadi tidak bisa dibuka. Sebutannya panoramic glass top. Hanya penutupnya saja yang bisa digeser," ujarnya kepada VIVA.co.id di ITC Fatmawati, Jakarta Selatan.

Xforce Bakal Dapat Sunroof dan ADAS? Ini Jawaban Mitsubishi Motors

Ia menuturkan, selain ketiga fitur itu, ada juga ragtop yang umumnya terbuat dari bahan kain. Beberapa mobil yang memakai ragtop di Indonesia yakni Fiat 500, Volkswagen Beetle dan Jeep Wrangler. (one)

Tes efisiensi kendaraan Ioniq 5 Bluelink

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Cuaca panas di Indonesia bisa membuat suhu kabin mobil menjadi sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40°C. Hal ini tentunya dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman, bah

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024