Logo BBC

'Kutukan' Mertua: Dari Batasi Menantu hingga Tentukan Jumlah Anak

Mertua perempuan di India sering dikesankan sebagai sosok yang sangat suka mengatur kehidupan rumah tangga anaknya. - Getty Images
Mertua perempuan di India sering dikesankan sebagai sosok yang sangat suka mengatur kehidupan rumah tangga anaknya. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mertua perempuan di India dikesankan sebagai sosok yang sangat suka mengatur kehidupan rumah tangga anaknya, bahkan hingga ke urusan jumlah anak yang harus dilahirkan oleh menantu.

Ini berbeda sekali dengan citra mertua perempuan di film-film Bollywood yang biasanya digambarkan sebagai sosok yang lemah dan menderita berkepanjangan.

Di India, hampir semua perempuan yang menikah akan tinggal di rumah suami dan di rumah suami ini tinggal pula sang ibu.

Karenanya, harmonis tidaknya kehidupan rumah tangga, antara lain juga tergantung dengan baik tidaknya hubungan antara mertua perempuan dan menantu.

Sekarang, figur mertua perempuan tidak hanya menjadi inspirasi opera sabun atau sinetron, tapi juga penelitian ilmiah yang serius.

Mungkin baru kali ini ada kajian ilmiah yang secara khusus meneliti sosok, peran dan pengaruh mertua perempuan dalam kehidupan rumah tangga.

Penelitian dilakukan pada 2018 oleh akademisi dari Boston dan Delhi dengan responden 671 perempuan yang sudah menilah, berusia antara 18-30 tahun, yang berasal dari 28 desa di Jaunpur, Uttar Pradesh.