Logo BBC

WNI Akan Dievakuasi Secepatnya dari Hubei, China Siap Bantu

Seorang perempuan warga Hong Kong dan anaknya mengenakan masker saat berjalan di pusat keramaian. - Yat Kai Yeung/Getty Images
Seorang perempuan warga Hong Kong dan anaknya mengenakan masker saat berjalan di pusat keramaian. - Yat Kai Yeung/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kementerian luar negeri Indonesia menyatakan akan "mengevakuasi secepatnya" semua warga negara Indonesia di provinsi Hubei China, setelah Presiden Jokowi menginstruksikannya.

Sementara, pemerintah China dilapokan siap memfasilitasi evakuasi semua WNI di provinsi Hubei, kata Kemenlu Indonesia.

"Sesuai arahan Presiden, kita akan evakuasi secepatnya para WNI dari kota-kota yangg dikarantina di propinsi Hubei," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/01).

Ditambahkan, saat ini sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari 7 titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan).

"Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan," demikian keterangan tertulis Kemenlu.

`Presiden memerintahkan segera evakuasi WNI di Hubei`

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan semua warga negara Indonesia di Hubei, China, yang menjadi pusat penyebaran virus corona, segera dievakuasi.