Taliban Buat Aturan Aneh Lagi, Wanita Dilarang Masuk Taman

Para perempuan Afghanistan.
Sumber :
  • Istimewa

Kabul – Pemerintah Taliban telah melarang perempuan mengunjungi taman nasional Band-e-Amir di provinsi Bamiyan. Penjabat Menteri Kebajikan dan Keburukan Afganistan, Mohammad Khaled Hanafi, mengatakan bahwa perempuan dilarang mengenakan jilbab saat berada di dalam taman. 

Dapat Kecaman Keras, Presiden Iran Tetap Pertahankan Aturan Hijab yang Ketat

Dikutip dari BBC Internasional, Senin, 28 Agustus 2023, dia meminta para ulama dan badan keamanan untuk melarang perempuan masuk sampai solusi ditemukan. 

Band-e-Amir adalah daya tarik wisata yang penting, dan menjadi taman nasional pertama di Afghanistan pada tahun 2009. 

Makin Cantik Berhijab, Rebecca Klopper Didoakan Dapat Jodoh yang Lebih Baik

Cek fakta foto para perempuan di Afghanistan pakai rok mini, hoax atau fakta?

Photo :
  • Screenshot by Cek Fakta.com

Taman ini merupakan tujuan populer bagi keluarga, dan larangan bagi perempuan untuk datang ke sana akan menghalangi banyak orang untuk dapat menikmati taman tersebut. 

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

Unesco bahkan menggambarkan taman ini sebagai sekelompok danau yang tercipta secara alami dengan formasi dan struktur geologi khusus, serta keindahan alam dan unik. 

Sementara itu, Uama di Bamiyan menegaskan bahwa perempuan yang mengunjungi taman dan tidak mengikuti aturan adalah pengunjung kawasan tersebut, bukan warga Bamian. 

“Ada keluhan soal hijab yang kurang atau jelek, ini bukan warga Bamiyan. Mereka datang ke sini dari tempat lain,” kata Sayed Nasrullah Waezi, ketua Majelis Ulama Syiah Bamiyan. 

Mantan anggota parlemen Afghanistan, Mariam Solaimankhil membagikan puisi yang dia tulis di platform X, tentang larangan tersebut. 

"Kami akan kembali, saya yakin akan hal itu". 

Fereshta Abbasi, dari Human Rights Watch, mencatat bahwa perempuan dilarang mengunjungi taman pada Hari Kesetaraan Perempuan dan menulis bahwa itu adalah tindakan yang tidak menghormati perempuan Afghanistan. 

Sementara itu Richard Bennett, Pelapor Khusus PBB untuk hak asasi manusia di Afghanistan, bertanya mengapa menghentikan perempuan mengunjungi Band-e-Amir. 

"Apakah perlu untuk mematuhi Syariah dan budaya Afghanistan?”. 

Sebagai informasi, Taliban memiliki sejarah menerapkan larangan terhadap perempuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang menurut mereka bersifat sementara, termasuk melarang mereka bersekolah pada Desember 2022. 

Larangan mengunjungi taman nasional Band-E-Amir adalah yang terbaru dari daftar panjang aktivitas yang dilarang dilakukan perempuan sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021. 

Baru-baru ini, Taliban juga memerintahkan penutupan salon rambut dan kecantikan di Afghanistan dan pada pertengahan Juli melarang perempuan mengikuti ujian masuk universitas nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya