Detik-detik Angkot Ceper Nyangkut di Rel, Terseret KRL hingga 50 meter

Angkot nyangkut di rel dan terseret KRL di Depok
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama

Depok - Sebuah angkutan kota (angkot) tertabrak dan terseret rangkaian kereta rel listrik (KRL) yang sedang melaju di pintu perlintasan kereta Jalan Rawa Indah, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok. Peristiwa ini terjadi pada Jumat 16 Juni 2023 sekitar pukul 10.30 WIB.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Angkot yang terseret adalah angkot dengan nomor trayek D 02. Angkot ini tertabrak KRL dari arah Bogor menuju Jakarta dan terseret hingga 50 meter. Kejadian itu mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang di sekitar pintu perlintasan kereta api tersebut. 

KRL yang menabrak angkot di perlintasan rel KA kota Depok

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Sri Rahminingsih (67), salah satu warga mengatakan saat kejadian dia sedang makan di warungnya. Dia sangat kaget ketika melihat ada satu unit angkot berkelir merah itu terseret oleh kereta. 

“Itu angkot lewat pintu kereta, kepater (tersangkut) di rel,” katanya, Jumat 16 Juni 2023.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Angkot tersebut melintas di perlintasan sebidang yang biasa dilalui warga. Sebelum terseret, angkot itu tersangkut di rel kereta. Sopir dibantu warga berusaha mendorong angkot agar dapat melintasi rel kereta namun tidak berhasil.

“Pas kereta sudah deket,warga langsung minggir,” ujarnya.

Penjaga pintu perlintasan, Rahmat (54) menuturkan, sopir sudah diingatkan untuk tidak melintas. Dia melarang karena melihat angkotnya ceper. 

“Saya sudah peringatkan, mobilnya ceper nih, tapi dia bilang dicoba saja pelan-pelan, akhirnya tersangkut juga,” katanya.

Saat tersangkut, sekitar 20 warga bergantian mendorong angkot yang tersangkut di rel, tetapi tetap tidak bisa. Karena ada kereta lewat akhirnya warga menyerah. 

“Ada kali 10 menit dorong, akhirnya kereta sudah dekat warga pada minggir, sopirnya juga keluar,” ungkapnya.

Ilustrasi penumpang KRL

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Menurutnya peristiwa serupa sudah beberapa kali terjadi di perlintasan kereta api itu. “Untung tidak ada penumpang dan sopirnya sudah keluar, jadi tidak ada korban. Sudah beberapa kali kejadian dulu tapi sudah lama,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya