Catat! Ini Waktu Uji Coba Rute Transjakarta ke Bandara Soetta

Bus Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Layanan transportasi Transjakarta bakal melakukan uji coba rute ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut akan ada 2 waktu yang disiapkan pada uji coba tersebut.

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

"Direncanakan tanggal 4 Juli dari Kalideres ke Bandara Soetta. Rencana akan ada 2 waktu layanan, pertama jam 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Kedua jam 18.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujar Syafrin Liputo kepada wartawan dikutip, Jumat 30 Juni 2023.

Syafrin menegaskan, masyarakat dapat langsung menggunakan bus Transjakarta dari Terminal Kalideres secara gratis. Penumpang akan turun di dua tempat, yaitu Terminal Kargo dan kantor Angkasa Pura II.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

"Segmen itu yang diisi oleh TransJakarta, tapi nanti begitu TransJakarta masuk berbayar itu nanti jadi angkut umum. Tidak lagi angkutan karyawan. Turunnya ada di dua titik entah di terminal kargo atau di kantor AP 2," kata dia.

Bandara Soekarno-Hatta

Photo :
  • Angkasa Pura II
Puluhan Ribu Buruh Gelar Aksi May Day di Surabaya Besok, Ini Rutenya

Lebih lanjut, Komisaris Utama PT JakLingko Indonesia ini mengatakan pihaknya masih akan mengkaji dari sisi tempat pemberhentian, transit, hingga besaran tarif yang sesuai untuk masyarakat.

"Kita harapan dua minggu kita sudah dapatkan gambaran secara utuh terkait dengan karakteristik perjalanan penumpangnya, kemudian karakteristik operasionalnya besaran tarif nanti akan ditentukan. Tentu nanti ada beberapa bus stop yang kita siapkan di lintasan, karena kan tidak masuk tol," pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak lima unit bus Transjakarta disiapkan untuk uji coba rute Terminal Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) . Rute baru Transjakarta ini akan beroperasi mulai pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB.

 Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membeberkan alasan dibukanya rute baru layanan bus Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang Banten. 

Syafrin menjelaskan, pihaknya membuka rute ke bandara internasional tersebut karena melihat segmentasi kekosongan layanan untuk para pekerja di Soetta. 

"Ada kekosongan di segmen tertentu, untuk segmen penumpang yang akan melanjutkan dengan penerbangan udara. Segmen untuk pekerja misalnya, belum ada yang mengisi layanan itu. Maka Transjakarta akan mengisi kekosongan layanan di segmen itu," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

Sebenarnya, lanjut Syafrin, sudah ada layanan bus maupun kereta untuk masyarakat menuju Bandara Soekarno Hatta. Namun, untuk segmen pekerja menurut kajian Pemprov DKI, memang belum ada.

"Itu yang melayani contohnya yang dari Gambir, yang dari Rawamangun, dari PGC, Depok, kawasan Bekasi ataupun Bogor lainnya. Itu sudah dilayani oleh kereta bandara dan juga dilayani oleh bus-bus yang sekarang layani reguler Jabodetabek Airport Auto Connection," kata dia. 

Segmen kekosongan itu juga, kata Syafrin, berdasarkan hasil kunjungan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono ke Bandara Soetta

"Perlu dipahami bahwa hasil kunjungan pak Menteri dan juga Pak Pj Gubernur ke bandara Soetta terlihat bahwa di sana ada kekosongan layanan di segmen tertentu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya