Heru Budi Beberkan Upaya Pemprov DKI Atasi Polusi Mulai dari Water Mist hingga Uji Emisi

Polusi Udara Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan berbagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengatasi permasalahan kualitas udara di Ibu Kota. Upaya tersebut di antaranya yaitu tilang emisi secara bertahap hingga water mist di gedung-gedung tinggi.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Hal tersebut disampaikan Heru Budi dalam sambutannya di acara “Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara di DKI Jakarta”.

"Kendaraan yang berlalu lintas di Jakarta itu juga harus kita tegakkan uji emisi. Memang namanya polusi tidak bisa Jakarta sendiri, tapi harus Jabotabek, tidak bisa sendiri untuk mengatasi itu. Maka dari itu teman teman dari Bodetabek memberikan saran dan tolong Bupati, Wali Kota, kita sama-sama menurunkan polusi di Jabodetabek," ujar Heru Budi di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2023.

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Sosialisasi Logo Resmi HUT ke-78 RI

Photo :
  • Youtube

Selain uji emisi, Heru Budi juga mengaku jajarannya di Pemprov DKI terus melakukan penanaman pohon di sejumlah kawasan sebagai salah satu upaya penurunan polusi. 

Pusat Meteorologi UAE Bantah Hujan Ekstrem Dubai karena Modifikasi Cuaca

Upaya yang lainnya adalah mendorong pemakaian kendaraan listrik. Khusus untuk transportasi umum, Jakarta sudah menyiapkan sekitar 100 bus listrik tambahan di bulan ini yang siap beroperasi.

Lebih lanjut, Heru Budi mengatakan, pihaknya tengah mengatur teknis dan konsep untuk pelaksanaan water mist atau penyemprotan dari atas gedung-gedung tinggi.

"Saya secara bertahap kepada industri, gedung-gedung tinggi di pemerintah daerah, DKI, untuk bersama-sama mass water bangunan milik Pemda DKI, Wali Kota, begitu juga bangunan BUMN kita bersama-sama," ujarnya.

Sebagai informasi, Ibu Kota sedang dilanda permasalahan polusi udara yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. Salah satu yang memperparah tingkat polusi udara di Ibu Kota adalah fenomena El Nino.

Pemerintah Indonesia  tengah serius untuk menangani permasalahan tersebut. Berbagai upaya dilakukan mulai dari Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), penerapan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah hingga pembatasan kendaraan bermotor.

Di satu sisi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berharap agar Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta dapat membeli kendaraan listrik sebagai salah satu bentuk upaya perbaikan kualitas udara di Ibu Kota. 

"Mudah-mudahan karyawan kami bisa beli minimal motor listrik. Ini panggilan jiwa, yang balas gusti Allah," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya