Sungai Cisadane Meluap, Sekda Tangerang Minta Pintu Air 10 Dibuka

Pemukiman warga di aliran sungai cisadane yang terdampak banjir akibat luapan air
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Hujan deras yang  mengguyur wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya, menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane Tangerang meluap. Akibatnya, beberapa titik permukiman yang ada di aliran tersebut terkena luapan air dari sungai.

Terdata dari BPBD Kota Tangerang, titik permukiman yang terdampak luapan air dan banjir dengan ketinggian 15 sampai 25 sentimeter ini, berasal di Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan Pinang, Kelurahan Karawaci di Kecamatan Karawaci dan Kelurahan Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas.

“Sampai saat ini ada tiga titik yang termonitor, yaitu di Panunggangan Utara, Panunggangan Barat dan juga Karawaci," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman, Sabtu, 25 Mei 2024.

Hujan Membawa Berkah

Hujan deras (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Adanya hal ini sebanyak 4 regu siap diterjunkan untuk kesiagaan melakukan evakuasi bila diperlukan bagi warga yang terdampak.

Ada 700 Ribu Meter Kubik Material Vulkanik Marapi Potensi Jadi Banjir Lahar, Menurut BNPB

"Ada 80 personel yang kami siagakan ditambah 1 (satu) unit truk dan 2 (dua) perahu. Kemungkinan nanti masih bisa terus bertambah menyesuaikan kondisi," ujarnya.

Dia melanjutkan, untuk mengurangi risiko banjir di sekitar DAS Cisadane telah meminta kepada pengelola Pintu Air 10 untuk bisa membuka pintu air. "Tadi kami sudah koordinasi dengan pengelola Pintu Air 10, agar pintu airnya bisa dibuka. Hal ini untuk mengatur level air Cisadane agar tidak limpas," ujarnya.

Terkait dengan penanganan korban banjir, pemerintah setempat telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji, minuman dan obat-obatan bila diperlukan.

"Kita salurkam 300 nasi bungkus, air mineral dan kebutuhan warga lainnya. Kami juga harap banjir segera surut, dengan pintu air yang dibuka, serta penyedotan menggunakan pompa," ujarnya.

Gunung Lewotobi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter, Waspada Banjir Lahar Hujan
Banjir di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara

Empat Provinsi Siaga Potensi Banjir hingga 20 Juni 2024, Menurut BMKG

BMKG memperingatkan sebanyak empat provinsi untuk siaga menghadapi potensi banjir yang dipicu oleh curah hujan berintensitas sedang-deras periode 11 - 20 Juni 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2024