Kisah Pedagang Cilok Majalengka Kumpulkan Uang Koin untuk Beli Hewan Kurban

Irfan, pedagang cilok Majalengka beli hewan kurban dengan uang koin
Sumber :
  • Azizi Erfan

Majalengka - Seorang pedagang cilok keliling di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengumpulkan uang koin untuk membeli hewan kurban.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Irfan Krisnayana, warga Desa Heuleut, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, harus berjuang untuk mengumpulkan uang koin dari hasil berjualan cilok.

Pasalnya, anak kandung Irfan ingin berkurban kambing pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Setiap hari Irfan menyisihkan Rp10 ribu uang koin, dengan pecahan Rp500 dan Rp1.000. 

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Hasilnya, perjuangan Irfan pun tidak sia-sia, setelah hampir 10 bulan, ia pun dapat mengumpulkan uang koin itu sekitar Rp3 juta.

Terkumpulnya uang koin tersebut, akhirnya Irfan dapat membelikan seekor kambing dengan harga Rp2,5 juta.

Kasus Caleg Bagi-bagi Uang Untuk Beli Cilok di Depok Dihentikan, Apa Sebabnya?

Irfan, pedagang cilok Majalengka beli hewan kurban dengan uang koin

Photo :
  • Azizi Erfan

Irfan mengungkapkan, terkumpulnya uang koin tersebut, berkat dukungan dari anaknya yang berkurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Awalnya ada dukungan dari anak untuk kumpulin koin, anak saya ingin kurban, saya kumpulin dari jualan cilok, sehari Rp10ribu," ungkap Irfan saat membeli hewan kurban di Pasar Ternak Bojong Cideres, Kabupaten Majalengka, Selasa (27/6/2023).

Perjuangan Irfan pun tidak sia-sia, kata Irfan, selama hampir 10 bulan, ia berjuang mengumpulkan uang koin untuk membeli hewan kurban.

"Selama delapan bulan sampai 10 bulan, Alhamdulillah uang koin mencapai hampir Rp3 jutaan, alhamdulillah tahun ini bisa kurban buat anak saya," katanya.

Meski harus membeli dengan uang koin, yang dibawa dengan kantong plastik seberat hampir 5 Kg, lanjut Irfan, penjual hewan kurban tersebut dapat menerima.

Irfan, pedagang cilok Majalengka beli hewan kurban dengan uang koin

Photo :
  • Azizi Erfan

"Alhamdulillah penjual hewan kurban bisa nerima uang koin dari hasil jualan cilok saya, itu uang koin beratnya ada sekitar 3 sampai 5 Kg, alhamdulillah bisa diterima," ucapnya.

Sementara, menurut Muhammad Ibrohim, penjual hewan kurban, ia merasa tidak masalah hewan kurban yang ia jual dibeli dengan uang koin.

"Saya sebagai penjual ya nerima aja, apalagi dia pedagang kecil, sampai harus mengumpulkan uang hampir 10 bulanan katanya," ujarnya.

Ibrohim menambahkan, dari uang koin yang terkumpul, Irfan dapat membeli satu ekor kambil dengan harga Rp 2,5 juta.

"Sesuai dengan kemampuan dia, harga kambingnya yang Rp2,5 juta, kita penjual sediakan kambing dari Rp2 juta hingga Rp 5 juta," tambahnya. (Azizi Erfan/Majalengka)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya