Perkuat Persatuan Bangsa, PAN Konsolidasi dengan NU dan Muhammadiyah

Ketum PAN Zulkifli Hasan ketika memimpin rombongan PAN ke KPU dalam pendaftaran bacaleg.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) memandang peran Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah  sangat besar dan dapat memperkuat persatuan bangsa. Lantaran itu, partai berlambang matahari terbit ini selalu konsolidasi dengan dua organisasi masyarakat (ormas) terbesar di Indonesia tersebut.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Hal itu dikemukakan calon anggota legislatif DPR RI PAN Dapil Jatim II, Gus Abdul Qodir. “Konsolidasi-konsolidasi keumatan inilah yang akan menjadi faktor penguat pemersatu bangsa,” kata Gus Qodir dalam keterangannya, Jumat, 18 Agustus 2023.

Dia menambahkan, upaya PAN mengkonsolidasi kedua ormas tersebut terlihat dari banyaknya kader yang berasal dari NU dan Muhammadiyah. Menurutnya, hal tersebut sangat penting agar dapat memperjuangkan berbagai kemaslahatan umat Islam dan masyarakat secara luas.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Photo :
  • Dok. Istimewa

“Harapan kita semua PAN mengawal aspirasi rakyat betul-betul mengawal aspirasi dari umat Islam,” kata Gus Qodir.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Dia menyebutkan, berhasilnya PAN merangkul NU dan Muhammadiyah merupakan buah dari kerja keras Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai ketua umum. Menurutnya, Zulhas rutin bersilaturahmi ke berbagai daerah untuk mendekatkan diri dengan simpul-simpul pesantren.

"Ketua umum Zulkifli Hasan rajin membangun komunikasi dan rajin silaturahmi kepada pondok-pondok  pesantren khususnya kiai NU,” ujar Gus Qodir.

Lantaran itu, menurut dia, tidak mengherankan jika kader PAN saat ini sudah mulai banyak yang berasal dari NU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya