Jokowi: Modernisasi Alutsista Penting, Tapi APBN Kita Sangat Terbatas

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di upacar HUT ke-78 TNI.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Puspen TNI

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan modernisasi alutsista memang sangat diperlukan. Namun, Jokowi meminta belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista) harus dilakukan secara baik mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat terbatas.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Kamis, 5 Oktober 2023.

“Urusan alutsista memang modernisasi alutsista sangat diperlukan, tapi keuangan negara anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga, belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik besarannya dan peruntukannya,” kata Jokowi.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di HUT ke 78 TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Tentu saja, Jokowi mengakui modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi pertahanan dalam negeri, sehingga harus didorong transfer teknologi dan produk dalam negeri. 

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

“Terkait dengan ini, saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya dan merupakan uang dari rakyat, sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat,” ujarnya.

Presiden Jokowi inspeksi barisan HUT TNI-78 dengan Tank Amfibi di Lapangan Monas

Photo :
  • Puspen TNI

Apalagi, kata Jokowi, negara dunia saat ini sedang menghadapi krisis, utamanya krisis pangan akibat perubahan iklim dan akibat terganggunya rantai pasok dunia. “22 negara sudah melakukan pembatasan ekspor pangan, menghentikan ekspor pangan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya