Bukan Sang Paman, Bobby Nasution Ternyata Tunjuk Topan Ginting sebagai Pj Sekda Medan

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Figur Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Medan, Benny Sinomba Siregar sempat jadi sorotan publik karena statusnya merupakan paman dari Wali Kota Medan Bobby Nasution. Benny sang paman isunya mau dilantik Bobby sebagai Penjabat (Pj) Sekda Kota Medan.

Ditanya Lawan Ahok di Pilgub Sumut, Bobby Nasution: Ya Enggak Apa-apa, Bagus

Namun, Bobby tampaknya berubah pikiran dengan memilih Topan Ginting sebagai Penjabat (Pj) Sekda Kota Medan. Status Topan Ginting sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan.

Dengan demikian, Topan Ginting saat ini sebagai Pj Sekda Medan menggantikan Wiriya Alrahman yang kini jabat Pj Bupati Deliserdang.

Pencurian Barang di Rumah Dinasnya, Bobby Nasution: Bukan Barang Pribadi Saya

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Pj Sekda Kota Medan berlangsung di Balai Kota Medan, Senin, 13 Mei 2024. Bobby mengungkapkan penunjukan Topan Ginting sebagai Pj Sekda Medan berdasarkan pertimbangan matang dan pengalaman yang luas dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Medan.

"Selain itu, ia (Topan Ginting) juga dinilai memiliki kemampuan untuk memonitor beberapa program utama yang berada di bawah tanggung jawabnya," kata Bobby Nasution, usai pelantikan.

PAN Pastikan Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut, Tidak Takut Walaupun Lawannya Ahok

Wali kota Medan Bobby Nasution.

Photo :
  • B.S Putra/ VIVA.

Adapun terkait penunjukan pamannya, Benny Sinomba sebagai Plh Sekda Medan, ia beralasan karena pengajuan Pj Sekda sedang berproses di Pemprov Sumut. Menurut dia, hal itu juga harus mendapatkan persetujuan dari Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

"Penunjukan Plh kemarin karena masa cuti kemarin mepet, karena untuk menunggu pengajuan Pj itu harus ada persetujuan dari Pj Gubernur Sumut," tutur Bobby.

Bobby berharap dengan pelantikan Pj Sekda Medan dapat bekerja dan menjalani tugas dengan maksimal. "Pemko Medan menegaskan tidak ada lagi bertindak secara sektoral, semuanya harus bekerja dan bertanggung jawab secara bersama-sama," lanjut Bobby.

Sementara, Bobby menjelaskan penunjukan pamannya yang sempat jabat Plh Sekda juga sudah disampaikan kepada Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman. Dia menuturkan sang paman juga punya rekam jejak menjalankan tugas dinas di Pemko Medan.

"Dan, beliau juga sudah menjalani pimpinan OPD juga sesuai dengan tahapan-tahapannya dan sesuai. Dan penunjukan beliau kemarin sudah disampaikan kepada pak Wakil Wali Kota Medan," tutur Bobby.

Lebih lanjut, Bobby mengatakan, penunjukan Benny sebagai Plh Sekda didasarkan rekam jejaknya yang sudah terbukti sebelumnya. Menurut dia, hal itu bukan sesuatu hal lain yang sempat menjadi sorotan publik.

Dia menyebut salah satu indikator pengusulan Benny sebagai Plh Sekda adalah pengalaman sebagai Kepala Dinas Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) Medan, pada 2021. Kinerja Benny sebagai pengawas berhasil meningkatkan pendapatan daerah dengan signifikan.

Meski demikian, ia berharap saat ini dengan keberadaan Pj Sekda yang baru, diharapkan Pemkot Medan dapat terus menghadirkan kemajuan yang lebih baik bagi warganya.

"Semua OPD dan stakeholder juga diharapkan bekerja secara sinergis tanpa adanya faksi-faksi yang dapat menghambat kinerja Pemerintah Kota Medan," jelas menantu Presiden RI, Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya