Isu Partai Kuning Ikut Capreskan Ganjar, Cak Imin: Saya Yakin, Golkar Tak Dukung PDIP!

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menangapi isu partai kuning yang akan beri dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP). Cak Imin tak yakin isu tersebut benar.

Cak Imin Dinilai Lawan Tangguh Khofifah Indar Pararwansa Bila Maju di Pilkada Jatim

Dia mengatakan partai kuning yang dimaksud adalah Golkar. Isu partai kuning sebelumnya dilempar Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut akan ikut bergabung dukung Ganjar.

"Saya yakin, Golkar tidak akan mendukung PDIP. Saya yakin," kata Cak Imin kepada wartawan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2023.

Bermodal 20 Kursi di DPRD, PKB Kukuh Ajukan Gus Yusuf Calon Gubernur Jateng

Namun, Cak Imin tidak menjelaskan lebih jauh alasan dirinya yakin Golkar tak mendukung PDIP. "Ya, keyakinan. Namanya juga yakin," ujar Cak Imin.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.

Photo :
  • Dok. Golkar
Gerindra: PDIP Tidak Punya Masalah dengan Prabowo, Kami Juga Tak Punya Masalah dengan Bu Mega
 

Puan Lempar Sinyal

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani melempar isu partai berwarna kuning akan bergabung dengan PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. Puan mengatakan demikian usai Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023. 

Sinyal tentang partai kuning akan bergabung itu karena Puan yang memakai blus kuning dengan balutan blazer hitam.

"Pakai baju kuning," celetuk Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco, yang berdiri di samping Puan saat ditanya wartawan terkait partai lain bergabung.

Celetukan itu segera disambut tawa Puan, Dasco, dan pimpinan DPR lainnya Lodewijk F Paulus. Adapun status Lodewijk kebetulan merupakan Sekretaris Jenderal Golkar.

"Ini tanda-tanda," kata Puan, sembari tertawa.

Menurut Puan, dinamika politik sangat dinamis karena setiap parpol masih lakukan penjajakan. Gerindra, misalnya, kata dia, masih menjajaki Nasdem dan Golkar. Begitu pula dengan parpol lain.

Saat ditanya tentang partai kuning, Puan enggan menjelaskan partai manakah yang dimaksud. Sebab, ada beberapa partai yang memiliki unsur kuning, seperti Golkar, Gerindra, Hanura, dan lainnya.

"Bisa semua, memang begitulah namanya strategi, rahasia ya, tidak boleh dikasih tahu, tapi seperti Pak Dasco bilang hari ini kuning," katanya.

Puan juga tak persoalkan jika partai kuning bergabung dengan PDIP pada 2024. Selain itu, Puan mengungkapkan semua parpol dapat bergabung dengan koalisinya demi membentuk kekuatan bersama.

"Kami bersepakat, saya meyakini semua partai bersepakat bahwa kontestasi 2024 itu harus dijalankan secara baik benar gembira dan bermanfaat bagi Indonesia," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya