Pengamat: Prabowo Capres yang Komitmen Akselerasi Pembangunan Era Jokowi

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI Jokowi.
Sumber :
  • Instagram @prabowo

Jakarta - Figur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai sebagai bakal calon presiden atau bacapres yang punya komitmen mengakselerasi pembangunan era Joko Widodo atau Jokowi. Prabowo disebut sebagai bacapres potensial di 2024.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Demikian analisa pengamat yang juga Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul. Dia mengatakan demikian karena sosok Menteri Pertahanan RI itu sudah beberapa kali menyatakan siap meneruskan kepemimpinan dan program era Jokowi.

“Indikasinya jelas Prabowo melihat dirinya sendiri sosok yang memang siap meneruskan Jokowi,” kata Adib, dalam keterangannya, Kamis, 20 Juli 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Istimewa

Adib menyampaikan, Prabowo punya tekad kuat untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintahan Jokowi. Bagi dia, ambisi Prabowo melanjutkan program Jokowi sudah terlihat. “Ambisi ini yang saya kira masih ada di dalam diri Prabowo Subianto,” ujar Adib.

Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah, Hendi Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan PDIP

Pun, dia menyinggung status Prabowo yang belakang kerap di urutan teratas versi hasil lembaga survei juga membuat eks Danjen Kopassus itu pede menatap Pilpres 2024. Kata dia, Prabowo minimal selalu berada di tiga besar hasil survei.

“Ditambah dengan hasil-hasil survei yang dulu dia tidak pernah percaya dengan 100 persen survei kan. Tapi, ketika dibuai oleh hasil survei dia termasuk tiga teratas, Ini yang menumbuhkan semangat Prabowo,” jelas Adib.

Prabowo beberapa kali menyampaikan siap melanjutkan pembangunan dan juga kebijakan yang sudah dilakukan Jokowi. Salah satu yang ingin Prabowo lanjutkan adalah kebijakan hilirisasi industri saat acara Rakernas Apeksi di Kota Makassar, Sulsel, Kamis pekan lalu.

Saat itu, Prabowo juga sempat beri pujian kepada Jokowi dalam hal mengelola sumber daya alam Indonesia. Maka itu, ia berniat melanjutkan kebijakan yang sudah dimulai oleh Jokowi.

Elektabilitas Ketum Gerindra itu moncer dalam hasil sejumlah survei seperti hasil rilis terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023.  Prabowo dalam survei itu berada di peringkat pertama.

Survei versi LSI, Prabowo berhasil meraih dukungan sebanyak 35,8 persen. Kemudian, posisi kedua ada bacapres dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo yang meraih suara 32,2 persen. Lalu, bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan yang mendapatkan dukungan 21,4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya