Singgung Kedekatan PAN dan PKB, Viva Yoga Sebut Bumi dan Matahari Harus Bersatu

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyinggung kedekatan antara partainya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagaimana terlihat juga hubungan harmonis masing-masing ketua umum.

Pemuda Ditelanjangi di Hotel Usai 'Kegep' Ngamar dengan Istri Orang

Viva Yoga menegaskan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memiliki kedekatan. Menurutnya, simbol matahari yang dimiliki PAN dan simbol bumi yang dimiliki PKB harus bersatu.

"Bang Zul dengan Cak Imin itu dekat, sebenarnya. Jadi, PAN begitu, PKB begitu. Tetapi, kalau dilihat, PKB simbol bumi ya kan? PAN simbol matahari. Jadi, bumi dan matahari itu harus bersatu," kata Viva kepada wartawan di kantor pusat PAN, Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023.

Minta Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Luhut Yakin Prabowo Setuju Dengannya

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren API Asri Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Jumat malam, 23 September 2022.

Photo :
  • ANTARA

Dengan begitu, Viva Yoga menjawab soal PAN tidak menutup kemungkinan membangun kerja sama politik kepada partai manapun, termasuk PKB.

Demokrat Sebut Ide Bentuk Presidential Club Ide Prabowo Sejalan Harapan SBY

Sementara ini, katanya, peta politik masih dinamis karena belum ada satu pun partai yang telah menetapkan keputusan funal. Sebelum masa pendaftaran pasangan capres-cawapres dibuka pada 19 Oktober 2023, menurutnya, situasi politik masih ‘cair’.

PKB mempersilhkan Partai Golkar dan PAN apabila ingin bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR. Tetapi, ada syaratnya, yaitu harus patuh menerima Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres dari Prabowo Subianto.

"Sebagai teman sesama partai politik, ya, intinya kalau mereka maju sendiri monggo karena (Golkar dan PAN) juga sudah cukup kan 20 persen--presidential threshold (ambang batas pencalonan). Kalau mau gabung monggo, tapi semangatnya kami sudah Cak Imin; Pak Prabowo dan Cak Imin sudah duluan. Artinya, power sharing-nya ya di luar cawapres," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 12 Juli 2023.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Twitter Airlangga Hartarto @airlangga_hrt

Huda mengklaim, kondisi objektif juga mendukung Cak Imin menjadi  cawapres Prabowo Subianto dibandingkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto atau Menteri BUMN Erick Thohir yang disodorkan PAN. Kondisi objektif yang dimaksud ialah Cak Imin mempunyai peluang besar memberikan insentif elektoral kepada Prabowo di Jawa Timur.

"Saya merasa Pak Prabowo dan Pak Imin ini kan dwi tunggal; dua kali pilpres Pak Prabowo kalah dan kami identifikasi kalahnya di mana Pak Prabowo, di Jawa Timur. Pak Prabowo kalah dua kali dengan Pak Jokowi itu 9 juta suara di sana, Jawa Timur, PKB ini basisnya Jawa Timur," kata Huda.

Menurut Huda, jika Prabowo tidak mendapatkan insentif elektoral di Jawa Timur, maka peluang untuk menang di Pilpres 2024 agak berat. Sementara Imin dan PKB memiliki basis suara di Jawa Timur dibandingkan Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Erick Thohir.

"Di situlah ada yang namanya Gus Imin yang punya rumah Jawa Timur, kalau dibanding-banding gitu, ya, misalnya ada Pak Airlangga di Golkar, kebetulan addressing rumah beliau tidak di Jawa  Timur; misalnya PAN, apakah Pak Zul dan Pak Erick Thohir juga address rumahnya tidak di Jawa Timur; hanya Gus Imin yang punya address di Jawa Timur," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya