Jazuli PKS Ikhtiar Perjuangkan Golok Banten Jadi Warisan Budaya RI ke Unesco

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini buka Festival Rampak Pencak Silat Cilegon
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menghadiri Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon, Minggu kemarin. Festival itu diikuti para pendakar pencak silat dari 50 perguruan se-Cilegon dengan menampilkan kompetisi seni pencak silat serta atraksi debus Banten

Sarankan PDIP-PKS Oposisi, Guru Besar Unand: Dengan Itu, Demokrasi akan Sehat

Jazuli menyampaikan dalam kesempatan itu, dirinya perjuangkan golok Banten sebagai warisan budaya Indonesia ke Unesco. Ia menceritakan bersama Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri memimpin rombongan Fraksi PKS DPR ke markas  The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) di Prancis dalam misi diplomasi budaya. 

Dia menekankan dalam khasanah budaya nasional, diusulkan agar golok Banten dicatat dan diakui sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

Caleg PKS Ngadu ke MK, Suara Diambil Rekan Satu Partai

"Diplomasi budaya ini penting dan strategis bagi bangsa Indonesia karena salah satu kekuatan dan kebesaran Indonesia ada pada kekayaan budayanya," kata Jazuli, dalam keterangannya, Senin, 7 Agustus 2023.

Wali Kota Depok Berpeluang Diusung di Pilgub Jabar, PKS Ungkap Hal Ini

Jazuli bilang seni dan budaya juga bernilai ekonomi yang mahal yang jika dikelola dengan baik. "Bisa mendatangkan devisa melalui wisata serta mensejahterakan ekonomi rakyat," tutur Anggota DPR dari daerah pemilihan Banten tersebut.

Bangga Pencak Silat

Jazuli juga menyebut pencak silat sebagai seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia melalui Unesco sebagai World Heritage dalam kategori Warisan Budaya Takbenda asal Indonesia pada 2019.

"Kita harus bangga Pencak Silat diakui sebagai warisan dunia asal Indonesia. Tapi tidak cukup hanya itu kita harus menjaga dan melestarikannya sehingga budaya ini mengokohkan karakter bangsa Indonesia," jelas Jazuli. 

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini buka Festival Rampak Pencak Silat Cilegon

Photo :
  • istimewa

Menurut dia, pencak silat punya makna dan filosofi yang kuat. Kata Jazuli, pencak silat dari berbagai daerah bisa jadi memiliki keunikan jurus dan gerakan. Namun, kata dia, semangatnya sama yaitu untuk menjaga diri, kehormatan, dan persatuan nasional.

"Semangat untuk menjaga dan melestarikan seni budaya daerah ini harus mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah pusat dan daerah," ujar Jazuli.

Bagi dia, ada berbagai cara untuk mempromosikan kesenian pencak silat. Selain dengan gelaran festival, cara lain bisa juga dengan menampilkan secara rutin seni silat di acara-acara pemerintah.

"Dengan demikian generasi bangsa makin kenal dan akrab dengan budayanya. Makin bangga dengan kesenian tradisional," tuturnya.

Adapun hadir dalam dalam acara tersebut yakni Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta hingga Wakil Ketua DPRD Cilegon Nurrotul Uyun. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya