Elektabilitas Prabowo Dinilai Jadi Magnet Kuat bagi Golkar dan PAN Beri Dukungan

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi
Sumber :
  • Apdesi

Jakarta – Keunggulan bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dalam survei dari berbagai lembaga survei dinilai menjadi magnet bagi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk melabuhkan dukungan ke Prabowo. 

Prabowo: Saya Setiap Saat Siap Berkomunikasi dengan Megawati

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional, Adib Miftahul. “Saya berpandangan pertama bahwa tidak bisa dipungkiri dengan beberapa indikator survei-survei yang keluar, Prabowo ini leading di antara 2 capres lainnya yaitu Ganjar dan Anies. Kalau ditanya ini adalah magnet politik ya tentu saja,” katanya.

Menjelang Pilpres 2024, menurut Adib, perlahan-lahan mulai terkuak berbagai macam kalkulasi terbentuknya poros koalisi yang diusung oleh beberapa partai politik (parpol), termasuk oleh Partai Gerindra. Adapun poros koalisi yang dibangun Gerindra, kata Adib, terbukti menjadi magnet politik bagi Golkar dan PAN. 

Prabowo Soal Kementerian Khusus Program Makan Gratis: Kita Sedang Pikirkan, Apa Itu Perlu?

“Ini yang sering saya sebut bahwa formulasi-formulasi itu sedikit demi sedikit sudah mulai terbentuk poros koalisi yang diusung oleh Gerindra, ternyata memang menjadi magnet politik dengan figurnya yaitu Prabowo Subianto. Dan terjawab ketika Golkar dan PAN merapat,” katanya. 

Golkar dan PAN saat deklarasi dukung bacapres Prabowo Subianto.

Photo :
  • Dok. Golkar
Pakar Yakin Pertumbuhan Ekonomi di Awal Pemerintahan Prabowo Bisa di Atas 5 Persen

Adib mengatakan, selain poros koalisi yang kuat, figur Prabowo juga terbukti mengantongi elektabilitas tertinggi dibandingkan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. 

Dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, Prabowo berhasil mengantongi dukungan tertinggi. 

Dari hasil survei LSI tersebut, Prabowo berhasil menempati peringkat pertama dengan total suara sebesar 35,8 persen, diikuti Ganjar dengan 32,2 persen dan Anies Baswedan dengan 21,4 persen. 

Secara hitungan matematis, Adib meyakini jika poros yang mendukung Prabowo sudah bisa memunculkan nama capres-cawapres untuk berlaga pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurut dia, saat ini magnet politik kuat yang dimiliki Prabowo memang menjadi daya tarik bagi tiap-tiap parpol melabuhkan dukungan kepadanya. 

“Secara hitungan matematis ini sudah bisa mengusung capres dan cawapres karena kan sudah ada Gerindra, PKB, Golkar dan PAN,” ujar Adib. 

“Ini yang saya kira kalau ditanya soal magnet politik, tidak bisa dipungkiri Prabowo sedikit demi sedikit leading di antara dua kontestan lain. Magnet politik untuk hari ini berpihak kepada Prabowo,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya