Rekor Pemain Tertua Timnas Spanyol Terpecahkan

Jesus Navas saat Spanyol vs Italia di UEFA Nations League
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Rekor pemain tertua di Timnas Spanyol terpecahkan. Itu terjadi saat mereka menjalani semifinal UEFA Nations League melawan Timnas Italia di De Grolsch Veste, Belanda pada Jumat dini hari WIB 16 Juni 2023.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Jesus Navas yang diturunkan untuk mengisi posisi bek sayap kanan memecahkan rekor pemain tertua. Dalam pertandingan tersebut, dia terhitung sudah berusia 37 tahun 206 hari.

Pemain asal klub Sevilla itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh kiper Antoni Ramallets. Dia adalah pemain internasional Spanyol tertua pertama.

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat

Timnas Spanyol di UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Ramallets berusia 36 tahun 349 hari saat turun dalam pertandingan melawan Timnas Wales pada 18 Mei 1961. Itu juga menjadi laga terakhirnya bersama Tim Marador.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Setelah Ramallets, catatan pemain tertua yang bermain untuk Spanyol adalah Galicia Luis Suarez dengan usia 36 tahun 345 hari. Selanjutnya menyusul Andoni Zubizarreta dengan usia 36 tahun 245 hari.

Navas yang kini menjadi pemegang rekor memulai debutnya di tim senior pada 14 November 2009. Ketika itu Spanyol memainkan pertandingan persahabatan melawan Argentina.

Para pemain Timnas Spanyol merayakan gol Jesus Navas (kedua dari kanan)

Photo :
  • UEFA.com

Navas juga tergabung ke dalam skuad Spanyol ketika memenangkan Piala Dunia 2010 dan EURO 2012. Total dia sudah bermain dalam 47 pertandingan Spanyol dengan sumbangan lima gol dan sembilan assist.

Laga melawan Italia adalah penampilan pertama Navas setelah terakhir kali dipanggil pada 2020 melawan Ukraina. Dia absen membela Tim Matador di EURO 2020 dan Piala Dunia 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya