7 Bintang Top yang Hijrah ke Liga Arab Saudi Musim Ini, Karim Benzema hingga Hakim Ziyech

Karim Benzema diperkenalkan ke suporter Al Ittihad
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Bola – Liga Arab Saudi musim 2023/24 dipastikan semakin gemerlap. Sederet bintang top Eropa hijrah ke negara Timur Tengah tersebut di bursa transfer musim panas ini.

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Cristiano Ronaldo sepertinya memulai tren ini. Dia hijrah dari Manchester United ke Al Nassr musim lalu.

Musim ini, semakin banyak pemain top yang memutuskan hijrah ke Arab Saudi.

Karim Benzema Menderita di Arab Saudi, Tolong Saya!

Berikut pemain top Eropa yang pindah ke Liga Arab Saudi di musim panas ini:

1. Karim Benzema (Al Ittihad)

Hattrick Lagi, Cristiano Ronaldo Bakal Ciptakan Rekor yang Lionel Messi Sulit Raih

Karim Benzema diperkenalkan ke suporter Al Ittihad

Photo :
  • AP Photo

Karim Benzema resmi diperkenalkan ke publik oleh Al Ittihad. Dia berdiri di tengah lapangan dan mendapat sambutan hangat dari para penggemar. Kepindahan ini diakui Benzema ada juga karena faktor ingin tinggal di negara muslim.

Benzema meninggalkan Real Madrid dan memutuskan merantau ke Liga Arab Saudi. Dia diberi kontrak awal selama setahun, dan ada opsi diperpanjang pada 2026 mendatang. Gaji yang diberikan 100 juta euro (Rp1,6 triliun) per musim.

2. N Golo Kante (Al Ittihad)

N Golo Kante bergabung dengan Al Ittihad

Photo :
  • Instagram @ittihadclub.sa

N'Golo Kante dikontrak Al-Ittihad selama tiga tahun dan akan bergabung dengan rekan senegaranya, Karim Benzema yang sudah lebih dahulu bergabung awal bulan ini dari Real Madrid. 

"Jangan percaya pada berita palsu. Kante adalah pemain Ittihad sekarang," tulis klub itu dalam pesan video di Twitter.

"Kante menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun di klub," kata klub tersebut tanpa menyebutkan nilai kontrak sang pemain. Media Inggris melaporkan bahwa pemain berusia 32 tahun itu akan menerima gaji sekitar 86 juta euro (1,4 triliun rupiah) setahun.

3. Kalidou Koulibaly (Al Hilal)

Kalidou Koulibaly mencetak gol untuk Chelsea

Photo :
  • Chelsea

Kalidou Koulibaly resmi diumumkan berseragam klub Arab Saudi, Al Hilal. Ia dikontrak dengan durasi tiga tahun sampai 2026. 

Melalui media sosial Instagram resmi klub, bek yang dibeli dari Chelsea itu diumumkan sebagai pemain baru melalui video yang berisi beberapa aksi sang pemain dan juga saat mengenakan seragam biru ciri khas klub yang bermarkas di Stadion Prince Faisal Bin Fahd tersebut. “Kita akan terus membuat sejarah bersama,” tulis pengumuman resmi klub, Senin 26 Juni WIB.

4. Ruben Neves (Al Hilal)

Gelandang Wolverhampton, Ruben Neves

Photo :
  • Instagram/@rubendsneves

Al Hilal resmi mengumumkan rekrutan barunya Ruben Neves yang diboyong dari klub asal Inggris Wolverhampton Wanderers.

“Dari ‘Wolves’ ke tim terbesar di Asia,” tulis pengumuman resmi Al Hilal.

Dikabarkan oleh pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano, Neves ditebus tim yang finis pada posisi ketiga Liga Arab Saudi 2022/2023 itu dengan biaya 55 juta euro dan kontrak tiga tahun sampai 2026.

5. Eduoard Mendy (Al Ahli)

Kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Photo :
  • Sports Ilustrated

Kiper Senegal, Edouard Mendy

Photo :
  • Afcon

Pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano mengabarkan kiper asal Senegal itu telah sepakat bergabung dengan Al Ahli dengan durasi kontrak tiga tahun sampai 2026.

“Memahami Chelsea telah mencapai kesepakatan lisan penuh dengan Al Ahli Saudi untuk menjual Edouard Mendy,” tulis Romano melalui akun Twitter-nya.

“Mendy menyetujui persyaratan pribadi dengan Al Ahli dalam kontrak tiga tahun, seperti yang diungkapkan minggu lalu,” tambahnya.

6. Hakim Ziyech (Al Nassr)

Pemain Chelsea, Hakim Ziyech

Photo :
  • twitter.com/ChampionsLeague

Hakim Ziyech dilaporkan mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr, menurut pakar transfer Fabrizio Romano.

"Kontrak sudah diperiksa, kesepakatan sudah tercapai untuk Hakim Ziyech bergabung dengan Al-Nassr. Semuanya sudah disepakati dengan Chelsea sejak pekan lalu dan juga dari pihak sang pemain," kata Romano di akun Twitter-nya.

"Ziyech menandatangani kontrak hingga Juni 2026, dia tinggal menyelesaikan tes medis sebelum diperkenalkan secara resmi."


7. Marcelo Brozovic (Al Nassr)

Bintang Inter Milan, Marcelo Brozovic

Photo :
  • IG Inter Milan

Inter Milan telah menyetujui penjualan Marcelo Brozovic ke Al-Nassr dengan nilai transfer €23 juta. 

Saat ini, Nerazzurri tinggal menunggu keputusan dari Brozovic karena Barcelona juga berharap dapat memperoleh tanda tangannya.

Gelandang asal Kroasia tersebut akan meninggalkan Giuseppe Meazza setelah hampir delapan tahun dan semakin dekat untuk menyusul Cristiano Ronaldo bermain di Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya