Ketika Pergerakan Timnas Indonesia Bikin Federasi Sepakbola Belanda Cemas

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Ho/PSSI

VIVA – Proyek naturalisasi masih menjadi pilihan PSSI untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Sejak lebih dari satu dekade, sudah lusinan pemain keturunan disumpah menjadi WNI. Adapula pemain asing yang telah lama berkarier di Kompetisi Tanah Air.


Diawali dengan Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim pada tahun 2010 silam, saat ini sudah banyak pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Bahkan, beberapa pemain naturalisasi menjadi pilar penting di dalam skuad Timnas Indonesia.

Terbaru ada nama pemain asal Belanda keturunan Indonesia yakni Justin Hubner yang baru saja dinaturalisasi sebagai seorang WNI.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Kini di dalam skuad garuda arahan Shin Tae-yong ada nama-nama seperti Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh dan Marc Klok yang menjadi pilar penting Timnas Indonesia.

Sebelum itu ada Raphael Maitimo, Sergio Van Dijk, Ezra Walian hingga Diego Michiels yang juga pernah menjadi pemain penting di skuad Timnas Indonesia.

Setelah gelaran Piala Asia 2023, kekuatan Timnas Indonesia diprediksi bakal semakin kuat di setiap posisinya.

Hal itu karena ada beberapa pemain asal Belanda yang bakal segera di naturalisasi sebagai seorang WNI.

Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-on, Maarten Paes, Ragnar Oratmangoen hingga Thom Haye yang sedang menjalani proses naturalisasi.

Terkait hal tersebut federasi sepakbola Belanda atau KNVB menanggapi banyaknya pemain asal negeri kincir angin itu yang di naturalisasi oleh Federasi sepak bola Indonesia PSSI saat ini.


Hadir dalam acara Oranje Indonesia Festival pada bulan September tahun 2022 lalu, Sekretaris Jenderal KNVB, Gijs de Jong, pun menyampaikan tanggapannya terkait hal tersebut.

Meski dirinya tidak mempermasalahkan proses naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI namun De Jong berharap kalau PSSI tidak terlalu sering menaturalisasi pemain asal Belanda.

Marc Klok salah satu contohnya, dia tadinya pemain asal Belanda sekarang memperkuat Timnas Indonesia tentu bagus tapi jangan banyak-banyak" ucap Gijs de Jong.

"Ya tentu itu hal bagus, tapi jangan banyak-banyak,” sambungnya.

Kombinasi pemain naturalisasi dan lokal yang dilakukan Shin Tae-yong terbukti berhasil dan perlahan Timnas Indonesia kini mulai menunjukan kekuatannya di level Asia Tenggara dan juga Asia.

Terbaru Indonesia mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya