Ucapan David Beckham untuk Timnas Indonesia Jadi Kenyataan, Sosok Ini Jadi Orang yang Tepat

Bos Inter Miami, David Beckham
Sumber :
  • instagram.com/intermiamicf/

VIVA – Legenda Manchester United (MU) dan Tim Nasional Inggris, David Beckham pernah menyebut Timnas Indonesia memiliki masa depan yang cerah jika hal ini dilakukan.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ucapan itu disampaikan Beckham saat berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti kegiatan sosial bersama pemain-pemain muda. 

Beckham yang menyaksikan pemain-pemain muda bertanding mengeluarkan pendapatnya terkait sepakbola Indonesia. Menurutnya, sepakbola Indonesia bukan tempat yang asing karena sempat bermain dalam sebuah laga persahabatan. 

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Pada 2011, suami Victoria Beckham ini datang ke Indonesia bersama timnya LA Galaxy yang bermain di Major League Soccer (MLS). Ketika itu, LA Galaxy dijadwalkan bertanding menghadapi Indonesia Selection yang berisi pemain-pemain muda.

Pada laga tersebut, La Galaxy berhasil mengalahkan Indonesia Selection dengan skor 1-0 lewat gol Robbie Keane di babak pertama. 
 
Salah satu momen tidak terlupakan pada laga itu adalah ketika Beckham menekel Andik Vermansyah dengan keras. 

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Berbekal pengalaman itu, Beckham meyakini bahwa pemain-pemain Indonesia memiliki potensi untuk bisa berkembang. "Indonesia memiliki para pemain yang bagus. Apabila ditangani dengan baik, masa depan sepak bola Indonesia akan cerah," ujar Beckham pada 2018. 


Tampaknya, apa yang diramalkan Beckham enam tahun lalu sedikit demi sedikit mulai menjadi kenyataan. Pasalnya, sejak ditangani Shin Tae-yong pada akhir 2019, Timnas Indonesia mulai mengalami perkembangan. 

Meski belum memberikan trofi, Shin Tae-yong berhasil mengangkat ranking FIFA Timnas Indonesia dari posisi 173 ke urutan 142 per Februari 2024. 

Pelatih asal Korea Selatan ini juga sukses membawa Timnas Indonesia yang tak diperhitungkan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Hasil tersebut menjadikan STY sebagai pelatih pertama yang membawa skuad Garuda lolos dari babak grup Piala Asia. Banyak dukungan yang mengalir karena Shin Tae-yong dinilai berhasil membentuk mentalitas dan fisik pemain yang kuat. 

Hal ini terlihat pada saat Timnas Indonesia bermain di Piala Asia 2023 menghadapi tim-tim besar seperti Irak, Jepang, hingga Australia. Walau secara ranking FIFA bak langit dan bumi, Marselino Ferdinan dan kolega mampu tampil tanpa takut untuk memberi perlawanan.

Dengan demikian, apa yang disampaikan Beckham soal sepakbola Indonesia akan maju di tangan yang tepat terbukti benar. Shin Tae-yong sejauh ini menjadi orang yang tepat untuk menangani Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya