Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI, Ini Kata PSSI

Nathan Tjoe-A-On
Sumber :
  • Nathan Tjoe-A-On

VIVA – Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ia melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam WIB, 11 Maret 2024.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Sejatinya Nathan dijadwalkan mengambil sumpah sebagai WNI pada Desember 2023. Ia harusnya melaksanakan agenda tersebut bersama dengan Jay Idzes.

Namun, Nathan baru dapat melaksanakannya semalam. Keadaan tersebut terjadi karena kesibukan pesepakbola berusia 22 tahun itu yang tak bisa ditinggalkan.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Kini setelah menjadi WNI, Nathan berpeluang besar melakukan debutnya berseragam Timnas Indonesia saat laga melawan Vietnam. Duel lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut dilangsungkan dimainkan sebanyak dua kali.

Pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 21 maret 2023.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Kemudian gantian Timnas Indonesia yang melawat ke markas Vietnam. Laga tersebut dilaksanakan di Stadion Nasional My Dình, Selasa (26/3).

Jelang menghadapi dua pertandingan versus Vietnam, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Nathan menjadi satu di antara nama yang diajak ambil bagian.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya tak mau berjanji apakah Nathan akan dapat dimainkan pada laga pertama 21 Maret. Namun, dia memastikan bahwa PSSI terus berusaha untuk menyelesaikan proses naturalisasi Nathan.

"Tahapan berikutnya adalah pembuatan KTP di dukcapil, lalu pembuatan Passport, lalu registrasi untuk perpindahan federasi di FIFA. kami engga mau janji, tapi kita kerjakan sampai batas akhir pendaftaran pemain ke FIFA," kata Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya