Perang Urat Saraf Timnas Indonesia Vs Vietnam, Giliran Asnawi Mangkualam Bilang Ini

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

VIVA – Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Jelagn laga tersebut, psywar terus dilakukan para penggawa Garuda maupun The Golden Stars. Terbaru, kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menyebut bahwa level Indonesia saat ini sudah di atas Vietnam.

Hal itu tak lepas dari  kehadiran banyaknya pemain keturunan yang kini memperkuat Garuda. Asnawi pun optimistis dalam menatap laga ini. 

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Ya, Timnas Indonesia kini banyak diisi pemain-pemain keturunan, Terbaru ada  dua pemain berdarah Indonesia-Belanda baru yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Selain itu, ada juga Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang baru saja diambil sumpahnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada, Senin (18/3/2024). 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Tapi Thom dan Ragnar kemungkinan baru bisa menjalani debut di kandang Vietnam karena harus membereskan persyaratan administrasi lebih dulu.

"Ya, kita tahu Timnas Indonesia memiliki banyak tambahan pemain. Tentunya untuk level itu, mungkin kami sudah berada di atas Vietnam," kata Asnawi kepada wartawan di Media Day.

Selain itu, Asnawi juga berkaca ke hasil pertandingan kedua tim pada pertemuan terakhir. Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 lewat penalti Asnawi pada ajang Piala Asia 2023.

Kemenangan itu merupakan yang pertama buat Indonesia dalam rentang waktu nyaris delapan tahun. Terakhir kali Indonesia menang atas Vietnam terjadi pada semifinal leg pertama Piala AFF 2016 dengan hasil 2-1.

"Di Piala Asia 2023, kami juga sudah memenangkan pertandingan atas Vietnam. Tentunya kepercayaan diri kami jauh lebih baik untuk partai terdekat kontra Vietnam," ujar Asnawi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya