Terungkap, Sisi Mengerikan Badut Manchester United

Pemain belakang Manchester United, Harry Maguire
Sumber :
  • Instagram/@harrymaguire93

VIVA – Harry Maguire menjadi sorotan dalam beberapa pekan belakangan ini. Ketangguhannya mengawal lini belakang Manchester United dipertanyakan. 

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Musim ini, MU sudah kebobolan 11 gol dari tiga pertandingan. Enam di antaranya terjadi saat MU dihancurkan Tottenham Hotspur pekan lalu.

Jelas Maguire menjadi sorotan, sebab dia berstatus bek termahal dalam sejarah sepakbola dunia. Dia dibeli oleh MU seharga 80 juta poundsterling dari Leicester City pada musim panas 2019.

Pemain Ini Masuk, Manchester United Singkirkan Liverpool di Piala FA

Tentu, pendukung MU berharap penampilan Maguire dapat memberikan dampak positif seperti dialami Liverpool dengan Virgil Van Dijk-nya.

Bukan cuma di level klub Maguire mengalami periode sulit. Maguire jadi sasaran kritik pedas usai tampil sembrono dalam laga Inggris versus Denmark di Wembley dalam duel lanjutan UEFA Nations, Kamis dini hari WIB, 14 Oktober 2020.

Godaan untuk Harry Maguire Datang Lagi

Maguire juga jadi penyebab kekalahan Inggris. Dia mendapat kartu kuning kedua dan Denmark mendapatkan penalti yang berhasil dieksekusi oleh Cristian Eriksen.

Bukan cuma di lapangan, Maguire juga sempat tersangkut kasus hukum di Yunani dan membuatnya dicoret dari skuat Timnas Inggris yang disiapkan untuk menghadapi Islandia, September lalu.

Kelebihan Harry Maguire

Angka-angka baru yang dirilis oleh CIES Football Observatory menunjukkan bahwa bek tengah MU itu telah memenangkan 90 persen duel pertahanan udara yang dia lakoni di musim ini.

Data  diambil dari 10 liga terbaik Eropa, menunjukkan 27 duel udara bertahan Maguire yang sukses dari 30 kali percobaan merupakan persentase tertinggi ketiga di Eropa. Hanya Kurt Zouma dari Chelsea dan Berat Djimsiti dari Atalanta yang memiliki persentase lebih tinggi dari bintang MU itu.

Namun kedua pemain tersebut berpartisipasi dalam duel yang lebih sedikit daripada Maguire, dengan Zouma menang 26 dari 27 dan Djimisti menang dalam 22 dari 23.

Rekan setim Maguire di MU, Scott McTominay mengatakan bahwa Maguire berfungsi sebagai motivator untuk lebih baik dalam menyerang bola udara.

“Saya hanya menonton Harry dan berapa banyak kontak pertama yang dia dapatkan. Mengapa saya tidak bisa melakukan itu? Padahal seukuran dia. Itu hanya sedikit perubahan pola pikir yang benar-benar dapat membuat perbedaan," ujar McTominay dilansir dari manchestereveningnews.co.uk, Selasa 17 November 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya