Salah Tinggalkan Liverpool, Klopp Berharap Tetap di Puncak Klasemen

Mohamed Salah jebol gawang Crystal Palace
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

VIVA – Salah akan pulang ke negaranya Mesir untuk tampil di Piala Afrika setelah Liverpool menjamu Newcastle di Liga Premier pada hari Senin, 1 Januari 2024.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Liverpool unggul dua poin dari Arsenal di puncak saat mereka mengejar gelar pertama sejak 2020. Mereka juga akan menghadapi Arsenal di putaran ketiga Piala FA dan Fulham di semifinal Piala Liga pada bulan Januari.

Padatnya jadwal dan dan laga penting menjadi lebih buruk karena Salah harus absen lantaran membela negaranya. Bagaimana tidak, Salah adalah pencetak gol terbanyak Liverpool dengan 16 gol musim ini.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Dan ketidakhadirannya karena Piala Afrika, yang berpotensi berlangsung lebih dari sebulan jika Mesir lolos final turnamen ini, membuat Klopp memiliki kekosongan besar yang harus diisi.

“Ini bukan pertama kalinya, ini adalah situasi yang sangat biasa-biasa saja ketika Anda kehilangan pencetak gol Anda, tetapi kami mengalami hal yang lebih buruk di masa lalu ketika Sadio (Mane) dan Mo pergi,” kata Klopp kepada wartawan.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

“Kami berhasil melewatinya dan secara tradisional salah satu dari mereka melaju cukup jauh di turnamen, yang membuatnya menjadi lebih buruk.”

Klopp juga tidak akan diperkuat gelandang Jepang Wataru Endo saat ia bermain di Piala Asia bersamaan dengan kepergian Salah.

"Kami tahu Piala Afrika akan diadakan dari waktu ke waktu dan Mo harus pergi dan kami juga memiliki Endo sebagai peserta Piala Asia, jadi memang seperti itu. Kami harus menghadapinya dan kami akan melakukannya," kata Klopp.

“Setiap rencana jangka panjang yang saya miliki sangat bergantung pada siapa yang tersedia. Kami akan memiliki solusi hari ini, saya harap kami juga memilikinya setelah pertandingan melawan Newcastle.”

Kembalinya Diogo Jota setelah sebulan absen karena cedera merupakan sebuah dorongan ketika pemain internasional Portugal itu mencetak gol comeback melawan Burnley di Boxing Day.

Fleksibilitas Jota berarti dia bisa beroperasi di lini depan, begitu pula Cody Gakpo, sementara Harvey Elliott pernah bermain di posisi Salah meski dia lebih berperan sebagai gelandang dalam sistem Klopp.

“Kembalinya masing-masing pemain sangatlah penting, terutama Diogo. Semua orang cukup positif tentang lima opsi kami, tapi sejujurnya kami tidak berpikir kami terlalu sering melakukannya,” kata Klopp.

“Terutama dengan jumlah pertandingan yang kami mainkan, sangat penting para pemain ini dapat melakukan rotasi dan sekarang dengan kepergian Mo dan Endo, kami membutuhkan semua orang untuk kembali.”

Namun, pemulihan bek kiri Liverpool Andy Robertson dari dislokasi bahu kemungkinan akan membuatnya absen sepanjang Januari. Kapten Skotlandia, yang absen sejak Oktober, diperkirakan akan kembali bulan depan.

“Robbo masih membutuhkan lebih banyak jangkauan di bahunya. Jelas itu adalah operasi besar, bahkan masih belum dekat dengan latihan tim atau apa pun,” kata Klopp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya