Jersey Lionel Messi Juara Piala Dunia 2022 Dilelang, Harganya Fantastis

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA – Sebanyak enam seragam Timnas Argentina yang digunakan Lionel Messi di Piala Dunia 2022 akan dilelang. Jersey ini bersejarah karena dibawa La Pulga membawa negaranya meraih gelar juara dunia.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Sotheby's mengumumkan pada hari Senin 20 November 2023, nilainya lebih dari $10 juta atau setara Rp154 miliar lebih.

Messi menggunakan jersey ini pada pertandingan pertama babak penyisihan grup melawan Arab Saudi dan Meksiko, serta pertandingan berikutnya melawan Australia, Belanda dan Kroasia, dan final melawan Prancis.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Kemenangan Argentina di Qatar tahun lalu adalah pencapaian terakhir sang penyerang, setelah gagal mengamankan gelar juara di empat Piala Dunia sebelumnya.

“Koleksi luar biasa ini diperkirakan bernilai lebih dari $10 juta, dan penjualan ini akan menjadi koleksi memorabilia olahraga paling berharga di lelang,” kata Sotheby’s dalam sebuah pernyataan.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

“Sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke Proyek UNICAS yang dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu (SJD) Barcelona dengan dukungan dari Leo Messi Foundation untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka,” pernyataan tersebut dikatakan.

Jersey individu termahal yang pernah terjual di lelang dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan selama putaran final NBA bersama Chicago Bulls pada tahun 1998. Itu terjual seharga $ 10,1 juta tahun lalu.

Rumah lelang semakin memperhatikan memorabilia olahraga dalam beberapa tahun terakhir, yang dianggap sebagai pasar yang sedang berkembang.

Seragam tersebut dilelang oleh startup teknologi AS, AC Momento, yang membantu para atlet mengelola koleksi memorabilia. Jersey tersebut akan tersedia untuk dilihat publik secara gratis saat dilelang mulai 30 November hingga 14 Desember.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya