Logo BBC

Usia Tua itu Penyakit tapi Bisa Disembuhkan, Kata Ilmuwan Harvard

Ilustrasi usia tua.
Ilustrasi usia tua.
Sumber :
  • bbc

Envejecimiento
Getty Images

Penuaan adalah hal yang wajar, tak terelakkan, dan merupakan takdir setiap orang. Inilah cara sebagian besar dari kita mendekati kehidupan, tetapi tidak bagi ahli genetika David Sinclair.

Berdasarkan studinya selama lebih dari dua dekade, ia menemukan bahwa penundaan penuaan dapat dilakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana sehingga kita memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih sehat.

Sinclair meyakini bahwa penundaan penuaan ini akan segera bisa dilakukan dengan obat-obatan, yang masih dalam tahap pengujian.

Ia pun mengatakan kita mungkin akan benar-benar dapat membalikkan proses penuaan.

Ilmuwan yang memiliki gelar doktor dari Universitas New South Wales di Australia dan pasca-doktoral dari Institut Teknologi Massachusetts AS ini, bertanggung jawab atas laboratorium di Universitas Harvard, AS, di mana ia menyelidiki mengapa kita menua.

Karyanya telah memberinya puluhan penghargaan ilmiah.

Karya tersebut juga membuatnya menjadi selebriti - ia telah terpilih sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time dan memiliki hampir 200.000 pengikut di Twitter.

Sinclair juga memiliki 35 paten dan telah mendirikan atau terlibat dalam beberapa perusahaan bioteknologi, beberapa di antaranya didedikasikan untuk memperlambat atau mencegah penuaan.

Bank Merrill Lynch mengevaluasi pada tahun 2019 bahwa industri ini telah memiliki omset sebesar US$110 miliar, atau setara Rp1,5 kuadriliun dan pada tahun 2025 nilainya akan melonjak lebih dari lima kali lipat hingga mencapai US$600 miliar, atau senilai Rp8,5 kuadriliun.

Ia juga penulis dari buku terlaris Lifespan (Why we age - and why we don`t have to) yang menjelaskan mengapa kita menua - dan bagaimana kita bisa menghindarinya.

Dalam buku itu ia berpendapat, bertentangan dengan kepercayaan populer, bahwa penuaan bisa dihindari.

David Sinclair
Getty Images
Sinclair memimpin laboratorium di Universitas Harvard, AS, di mana ia menyelidiki mengapa kita menua.

Sang ilmuwan juga meyakini bahwa kita harus mengubah secara radikal pola pikir ktia tentang menua: alih-alih menganggapnya sebagai proses yang umum dan alami, kita harus menganggapnya sebagai penyakit dan sebagai sesuatu yang dapat diobati atau bahkan disembuhkan.

Sinclair mengatakan bahwa hanya dengan perubahan radikal dalam perspektif kita tentang usia tua, umat manusia dapat meningkatkan harapan hidupnya secara signifikan.

Iika tidak, katanya, kemajuan medis hanya akan memberi kita beberapa tahun lagi: "Kita harus berbuat lebih baik."

Ini adalah ringkasan percakapan Sinclair dengan BBC Brazil.