Daya Ingat Mulai Menurun, Titiek Puspa Cerita Susah Ingat Nama Orang

Titiek Puspa.
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Titiek Puspa selama ini dikenal sebagai artis yang kerap tampil bugar di berbagai kesempatan. Titiek selalu tampil awet muda di usianya yang sudah menginjak 86 tahun. Titiek tetap aktif dengan kegiatannya sebagai seorang artis.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Seiring bertambahnya usia, Titiek Puspa bercerita bahwa saat ini ingatannya mulai menurun. Bahkan, ia mengaku kerap mengalami hal lucu saat tiba-tiba saja lupa terhadap apa yang mau dikerjakan. 

"Sebenernya sudah mulai kurang (daya ingat). Kadang lucu, misalnya saya mau ke kamar, bilang, 'mau ngapain ke kamar?' Nanti baru keluar, 'oh, mau ini'," kata Titiek Puspa di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 23 November 2023.

Cara Ingetin Orang Lupa Makan saat Lagi Puasa, Ustaz Alfie Alfandy: Tunggu Selesai Baru Tegur

Selain itu, daya ingat Titiek Puspa juga menurun khususnya terkait nama orang. Bahkan, lucunya adalah ia tak jarang salah memanggil nama adiknya. Saat memanggil adik yang nomor tujuh, yang datang malah nomor sembilan. 

"Nah, itu yg paling g**a itu. Misal, 'kenalkan, nama Erwin Handaka', 'Tante Titiek, aku Erwin Gutawa'. Jadi kalau nama itu dari jaman purba, dari tahun 70an," kata Titiek Puspa. 

KUIS: Sama-sama Ngotot, Temukan Istri yang Sebenarnya dari Pria Ini

"Aku kan adikku 12, jadi kalau manggil yang nomor 7, yang datang nomor 9. Manggil nomor 5, yang dateng nomor 7, gitu. Jadi kalau nama udah agak crowded karena yang ditemuin seabreg," tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Titiek Puspa juga mengungkap rahasia awet muda dan bugar di usia kepala delapan. Salah satu yang dilakukan Titiek Puspa adalah menjaga asupan makanan dengan mengurangi minyak, lemak, gula dan yang lainnya. Itu sudah dijalani Titiek Sejak usia kurang lebih 40.

"Kalau makanan, sejak saya umur antara 40an, 30 ke 40, saya ngurangi garam, minyak, fat. Terus makanan yang dari laut seafood yang keras," kata Titiek Puspa. 

"Itu tuh saya kerjakan sejak umur kurang lebih 40. Jadi gula itu separuh, kadang gak sampai separuh. Sampai anakku 'Mamah, mamah itu sudah cari duit susah-susah, makannya apa sih ini yang dimakan gak ada rasanya'," kata Titiek.

Saking menjaga asupan makanan, Titiek Puspa saat ini lebih sering makan masakan rumah. "Jadi sampai sekarang saya itu home cooking," kata Titiek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya