Hacker Bisa Pakai Ponsel untuk Memata-matai Seseorang

Hacker/Intelijen siber.
Sumber :
  • Dok. Kaspersky

Jakarta – Manfaat dari ponsel pintar sangat beragam, dan keistimewaan ini dimanfaatkan oleh para peretas atau hacker melalui sensor cahaya pada perangkat tersebut.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tim Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa ponsel juga dapat berfungsi sebagai alat pelacakan untuk menentukan lokasi dan aktivitas seseorang.

Ilustrasi scam/hacker/peretasan.

Photo :
  • Stock Adobe
Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dilansir dari IFL Science, Rabu 24 Januari 2024, para peretas dapat memanfaatkan sensor cahaya ponsel untuk memata-matai seseorang. Sensor cahaya ambien digunakan oleh ponsel untuk mendeteksi tingkat cahaya sekitar dan menyesuaikan kecerahan sesuai kebutuhan, jika pengaturan otomatis aktif.

Sementara fitur-fitur ponsel lainnya memerlukan izin pengguna agar aplikasi dapat mengaksesnya, seperti kamera atau mikrofon, sensor cahaya biasanya tidak memerlukan izin. Itulah yang diyakini oleh para peneliti dapat dieksploitasi

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

“Tim di MIT mengembangkan algoritma yang mampu menggunakan variasi tangkapan sensor cahaya untuk merekonstruksi gambar interaksi sentuhan seseorang dengan ponsel mereka, seperti menggulir,” kata ketua tim peneliti Yang Liu

Mereka menguji algoritma tersebut pada tablet Android di pasaran dalam beberapa skenario, termasuk duduk di depan layar dan menggunakan patung manekin, potongan karton, atau tangan manusia untuk menyentuhnya.

Tim melihat apakah algoritma bisa mendeteksi gerakan saat menonton video. Dalam semua keadaan, hasilnya menunjukkan bahwa data sensor cahaya dapat digunakan untuk melacak interaksi dengan layar dan membuat gambar dari interaksi tersebut.

"Ancaman privasi ini belum pernah ditunjukkan sebelumnya," kata Liu dalam pernyataan resminya.

Jika aktivitas tersebut terdengar agak mengkhawatirkan, ada syarat tertentu agar lokasi dapat dilacak .

Hacker mengincar produk Apple seperti iPhone.

Photo :
  • Ars Technica

Dalam studi tersebut hanya satu frame setiap 3,3 menit - cukup lambat sehingga siapapun yang mencoba mendapatkan gambar dari sensor cahaya akan kesulitan mengikuti interaksi ponsel secara real time. Bahkan jika mereka mendapatkan gambar, jika diambil dari video alami, gambar tersebut mungkin cukup buram.

Para peneliti menemukan beberapa cara yang dapat membantu mengurangi beberapa risiko potensial. Sasaran utamanya yaitu perangkat lunak.

Solusi yang ditawarkan untuk menghindari peretasan dengan merekomendasikan akses ke sensor cahaya ambien dengan pembatasan khusus. Pengguna Android juga harus memberikan izin dengan cara yang sama seperti permintaan kamera atau mikrofon.

Tim juga menyarankan untuk membatasi kemampuan sensor, menjaga presisi dan kecepatan cukup rendah untuk mencegah gambar beresolusi tinggi, dan juga menempatkan sensor di sisi perangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya