10 Hal Fatal akibat Radiasi HP pada Anak, Orangtua Wajib Tahu

Ilustrasi anak main gadget.
Sumber :
  • Pexels/Ron Lach

VIVA Tekno – Radiasi HP atau ponsel merupakan salah satu hal yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk anak-anak. Namun, perlu diwaspadai bahwa radiasi HP dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan anak, bahkan fatal.

Berteduh Sambil Main HP, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Dekat Mabes Cilangkap

Seperti kita tahu, bahwa di zaman semakin canggih teknologi ini penggunaan ponsel pintar atau handphone (HP) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan pada anak-anak sekalipun.⁠

Meskipun teknologi ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan akses informasi, perlu diperhatikan bahwa penggunaan HP pada anak-anak tidak terlepas dari potensi bahaya radiasi.⁠

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran


Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh HP dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan anak-anak, dan inilah beberapa risiko yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu sebagai orangtua kita wajib memantau serta mewaspadai saat mereka tengah asyik bermain HP tanpa henti. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Berikut ini terdapat 10 hal fatal akibat radiasi HP pada anak, dilansir dari berbagai sumber:

Kanker

Radiasi HP dapat meningkatkan risiko kanker, terutama kanker otak, leukemia, dan tumor. Hal ini karena radiasi HP dapat merusak DNA sel, yang dapat menyebabkan sel menjadi kanker.

Gangguan pertumbuhan dan perkembangan

Radiasi HP dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Hal ini karena otak anak masih dalam tahap perkembangan yang pesat, sehingga lebih rentan terhadap radiasi.

Ilustrasi anak pakai kacamata/main gadget.

Photo :
  • Pixabay.

Gangguan kesuburan

Paparan radiasi HP dapat mengganggu kesuburan anak, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini karena radiasi HP dapat merusak sel-sel reproduksi.

Gangguan kognitif

Radiasi HP dapat mengganggu kemampuan kognitif anak, seperti kemampuan belajar, mengingat, dan memecahkan masalah. Hal ini karena radiasi HP dapat merusak sel-sel saraf di otak.

Gangguan perilaku

Radiasi HP dapat meningkatkan risiko gangguan perilaku pada anak, seperti hiperaktif, agresif, dan depresi. Hal ini karena radiasi HP dapat mengganggu keseimbangan hormon di otak.

Gangguan tidur

Paparan radiasi HP dapat mengganggu tidur anak. Hal ini karena radiasi HP dapat meningkatkan produksi hormon stres, yang dapat membuat anak sulit tidur.

Gangguan pendengaran

Paparan radiasi HP dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran pada anak. Hal ini karena radiasi HP dapat merusak sel-sel rambut di telinga bagian dalam.

Gangguan mata

Paparan radiasi HP dapat meningkatkan risiko gangguan mata pada anak, seperti mata lelah, mata kering, dan mata minus. Hal ini karena radiasi HP dapat merusak retina mata.

Adiksi

Penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan adiksi pada anak. Hal ini karena penggunaan HP dapat memberikan sensasi kesenangan dan kepuasan, yang dapat membuat anak ketagihan.

Kesepian

Penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan anak merasa kesepian. Hal ini karena anak lebih memilih untuk berinteraksi dengan dunia virtual melalui HP, daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Untuk mengurangi risiko dampak negatif radiasi HP pada anak, sebaiknya batasi penggunaan HP pada anak, terutama anak usia dini. Berikut adalah beberapa tips untuk membatasi penggunaan HP pada anak:

Buat aturan penggunaan HP

Buatlah aturan penggunaan HP yang jelas untuk anak, seperti berapa lama anak boleh menggunakan HP dalam sehari, dan kapan anak boleh menggunakan HP.

Jadilah contoh yang baik

Jika Anda ingin anak Anda membatasi penggunaan HP, Anda juga harus membatasi penggunaan HP Anda sendiri.

Berikan aktivitas lain

Berikan aktivitas lain yang dapat dilakukan anak selain menggunakan HP, seperti bermain, belajar, atau berolahraga.

Awasi penggunaan HP anak

Awasi penggunaan HP anak Anda secara berkala untuk memastikan bahwa anak Anda tidak menggunakan HP secara berlebihan. Dengan membatasi penggunaan HP pada anak, Anda dapat membantu melindungi anak Anda dari dampak negatif radiasi HP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya