Pesona Songket di Palembang Fashion Week 2018

Palembang Fashion Week 2018
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Palembang Icon kembali menggelar Palembang Fashion Week 2018 (PFW 2018). Memasuki tahun kelima, Palembang Fashion Week 2018 mengusung tema United of Diversity Asia. Tema ini diambil berdasarkan latar belakang pagelaran olahraga Asean Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang pada Agustus mendatang.

Ada Fenomena Alam di Gaun Rancangan Leny Rafael

Berlangsung selama 12 hari dari tanggal 21 Maret-1 April 2018, Palembang Fashion Week 2018 menghadirkan bazar bagi UKM dan tenant, serta peragaan busana. Peragaan busananya sendiri baru berlangsung dari 28 Maret-1 April 2018. 

Peragaan busana ini diikuti oleh 30 desainer lokal dan tenant Palembang Icon. Masing-masing desainer menghasilkan koleksi yang bernuansa Asia dengan menggunakan kain khas Palembang, seperti songket, blongsong, dan jumputan.

Shafira Bawa Memori Jalan Braga dalam Koleksi Baru

Pada hari terakhir penyelenggaraannya, Palembang Fashion Week 2018 ditutup dengan peragaan busana dari 10 desainer lokal. Beberapa di antaranya sudah memiliki prestasi di kancah nasional bahkan internasional. 

Para desainer tersebut adalah Al-Divo, Intan Songket, F.L Limited, Rajendralabel, Lady in Kafta, Signature X Luminosa, Ilham Bahari, Rumah Songket Adis, Bukti Lentera, dan Touch of Beauty by Siung-Siung.

Ular Jadi Inspirasi Koleksi Idul Fitri Zaskia Sungkar

"Secara desain, teman-teman desainer bisa all out untuk menciptakan United Diversity of Asia. Mereka mampu menghadirkan budaya Asia dengan menggunakan kain khas Palembang. Misi kedua adalah penjualan UKM dan tenant sangat baik, di mana hasil penjualan juga luar biasa. Misi ketiga adalah adanya peningkatan trafik. Di mana kami melihat adanya peningkatan pengunjung sebanyak 50 persen dari biasanya," ujar Mall Director Palembang Mall, Co Ing, dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Selasa 3 April 2018.

Selain ketiga misi tersebut, PFW 2018 juga dapat memenuhi misi tambahan. Di mana pihak pemerintah Dinas Pariwisata Sumatera Selatan akan memasukkan Palembang Fashion Week sebagai agenda tahunan provinsi.

"Ini adalah salah satu event yang bukan dilakukan pemerintah, yang sustainable, dan selalu meningkat dari segi kurasi dan penyelenggaraan event. Di banding tahun lalu, dari sisi tenant dan desainer yang ikut dan bagaimana model yang dilakukan, sudah mulai meningkat. Kami sudah melakukan kurasi dan ini layak untuk masuk dalam calender of event. Kita tadi sudah sampaikan seizin Gubernur, ini kita masukkan ke dalam calender of event Sumsel," ujar Irene Camelya Sinaga selaku Kepala Dinas Pariwisata Sumsel.

Dari Palembang Fashion Week 2018, Dinas Pariwisata Sumatera Selatan akan memilih satu dari 30 desainer untuk tampil di Jepang dalam Festival Hiroshima dan Fukuoka yang akan berlangsung pada 2-6 Mei 2018. Kegiatan ini merupakan permintaan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang dalam rangka mempromosikan Asean Games 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya