Pentingnya Menggunakan Tabir Surya untuk Kulit, Bisa Cegah Hal Ini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/benzolx

JAKARTA – Merawat kesehatan kulit, harus dijadikan sesuatu yang penting dan kewajiban demi tubuh sehat dan terawat. Kulit yang bagus bukan hanya masalah DNA, kebiasaan sehari-hari yang dilakukan juga dapat mempengaruhi. Usaha yang dilakukan untuk merawat kulit juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri apabila memiliki kulit yang sehat. 

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat, seperti mengatur pola hidup seperti olahraga dan asupan makanan. Selain itu, ada juga faktor lain yang juga tentu saja dibutuhkan, yakni menggunakan produk skincare dan konsultasi ke dokter.

Dilansir dari Nytimes, Rabu, 21 Juni 2023, ada tiga langkah yang bisa digunakan secara rutin untuk merawat kulit, yakni 1. membersihkan kulit. 2. Mengencangkan dan menyeimbangkan kulit. 3.  Melembabkan, menghidrasi dan melembutkan kulit.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Membersihkan kulit khususnya wajah menjadi langkah  wajib dilakukan setiap hari sebelum atau sesudah berkegiatan. "Mencuci muka adalah langkah paling dasar dan penting dari rutinitas apa pun" kata dokter kulit Kota New York, dr. Carlos Charles. "Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor lainnya setiap hari yang harus dihilangkan dengan lembut." Cuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam dan jerawat.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Temukan produk pembersih muka yang cocok dengan kulit. Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan setelah mencuci muka, seperti menggunakan toner, serum, pelembab, krim malam dan krim siang, dan yang lainnya. Perawatan juga tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. 

Dari banyaknya langkah untuk merawat kulit, salah satu yang penting adalah menggunakan tabir surya atau suncreen. Ada banyak manfaat yang bisa diraih apabila rutin menggunakan sunscreen, salah satunya adalah mencegah perkembangan garis-garis halus dan kerutan pada kulit. 

"Penggunaan tabir surya harian dan konsisten membantu mencegah perkembangan garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, dan perubahan penampilan pori-pori dari waktu ke waktu. Lebih penting lagi, penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan kanker kulit tertentu," kata dr. Charles.

Sunscreen dapat digunakan dioleskan ke bagian tubuh yang diinginkan, 30 menit sebelum paparan sinar matahari, dan aplikasikan kembali setidaknya setiap dua jam. 

Pentingnya menggunakan sunscreen juga sudah dipahami oleh banyak masyarakat Indonesia. Sehingga, banyak produk lotion sunscreen yang bermuncullan, salah satunya adalah dari brand ternama Malaysia yang kini mencoba pasar di Indonesia, Demica Beauty.  Sebenarnya, ada banyak produk dari Demica di Malaysia, alasan sunscreen dipasarkan pertama kali di Indonesia adalah banyaknya permintaan dari masyarakat Indonesia sendiri.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

"Orang-orang Indonesia ini ramah banget, senang sambutannya, baik di komen di-DM. Mereka memberi komen positif, maka dari itu pengin ke sana. Banyak hal positif. Sunscreen juga lotion yang datang ke sini (produk pertama yang masuk Indonesia). Karena itu paling tinggi permintaannya," kata Nik Amirah Syamimi selaku Founder Demica Beauty di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan belum lama ini.

"Orang Indonesia selalu kontek mau yang ini, terlalu ramai. Aku coba dulu masuk yang ini, permintaannya Alhamdulillah disambut dengan baik Insya Allah selanjutnya kami masukkan produk lain. Satu-satu," tambahnya.

Lotion sunscreen dari Demica cocok untuk semua jenis kulit karena terbuat dari bahan-bahan yang aman. "Ya benar (cocok untuk semua jenis kulit) karena produk kita bahan-bahannya itu sebagai contoh, kulit kering kita pakai, sebab kita ada kandungan untuk melembabkan skin, untuk merawat kulit," tutur Nik Amirah Syamimi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya