Bukan Tak Kuat, Ini Alasan Ngeri Wanita Lansia Ogah Hubungan Seks

Ilustrasi pasangan lansia
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tentu sudah bukan kabar baru bahwa semakin tua, gairah seksual seorang akan menurun. Jika selama ini banyak yang berpikir bahwa hal itu hanya disebabkan oleh faktor biologis, hal itu bisa keliru. 

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Menurut sebuah studi terbaru, alasan perempuan tua semakin jarang berhubungan seks seiring bertambahnya usia bukan hanya disebabkan oleh faktor biologis. Sebuah studi bahkan menyebut bahwa sejumlah faktor psikologis berkontribusi pada penurunan libido hingga risiko yang ditimbulkan.

Dilansir laman health 24, faktor-faktor tersebut termasuk masalah bentuk tubuh, kepercayaan diri, keinginan yang dirasakan, stres, perubahan suasana hati dan masalah hubungan. Penelitian sebelumnya bahkan menyebut bahwa sebagian besar fokus pada penyebab biologis dari berkurangnya aktivitas seksual pada wanita yang lebih tua, seperti gangguan tidur, munculnya penyakit, kekeringan pada vagina hingga hubungan seksual yang menyakitkan.

Gaya Pancake, Unik dan Menantang Dijamin Makin Menggairahkan Hubungan di Atas Ranjang

Studi yang dipublikasikan secara online di jurnal American American Menopause Society (NAMS) menyebut hal itu mencakup hampir 4.500 wanita pascamenopause di Inggris yang terdaftar dalam uji coba skrining kanker ovarium. Sebelum dimulainya skrining tahunan, sekitar setengah dari wanita aktif secara seksual, tetapi ada penurunan di semua bidang aktivitas seksual dari waktu ke waktu. Aktivitas seksual jadi lebih jarang, tidak menyenangkan dan lebih tidak nyaman.

Alasan utama untuk tidak melakukan aktivitas seksual adalah tidak adanya pasangan, sementara alasan umum lainnya yang dilaporkan untuk penurunan aktivitas seksual termasuk kondisi medis pasangan, disfungsi seksual pasangan, masalah kesehatan wanita itu sendiri, gejala yang berhubungan dengan menopause, dan obat yang diresepkan.

5 Doggy Style Janjikan Sensasi Melayang hingga Janjikan Ketagihan Buat Istri

"Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita, termasuk kurangnya pasangan, disfungsi seksual pasangan, kesehatan fisik pasangan yang buruk, dan masalah hubungan," kata Dr Stephanie Faubion, direktur medis NAMS.

Selain itu, lanjut Stephanie, masalah yang berhubungan dengan menopause seperti kekeringan pada vagina dan rasa sakit dengan seks telah diidentifikasi sebagai masalah yang memengaruhi fungsi seksual. (ren)

Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Posisi Seks Aman Buat Pasangan Berpenis Jumbo, Tradisi Munggahan Penuh Berkah

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Minggu 10 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024