Kemenkes Belum Bisa Pastikan Ashanty Terkena Omicron

Ashanty
Sumber :
  • Instagram @ashanty_ash

VIVA – Penyanyi yang juga istri Anang Hermansyah, Ashanty dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19. Terkait hal itu, Kementerian Kesehatan, melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung (P2PML), dr. Siti Nadia Tarmizi memberikan tanggapannya.

Aurel Minta Maaf Lantaran Pertanyaan Anang, Begini Respons Tak Terduga Ghea Indrawari

"Memang, ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) salah satunya inisial A saat entry test didapatkan hasil PCR positif (COVID-19) dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 7 Januari 2021.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan bahwa berdasarkan prosedur Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang hasil PCR positif akan menjalankan pemeriksaan tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) dan whole genome sequencing. Sebagai informasi, untuk mendeteksi varian Omicron secara akurat harus dilakukan dengan tes khusus yakni dengan whole genome sequencing. Namun, tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) juga kemungkinan besar dilihat melalui tes ini.

Ashanty Tak Benarkan Perilaku Anang Karena Tanya Ghea Kapan Menikah

Ashanty

Photo :
  • IG @ashanty_ash

"Sesuai prosedur yang ada semua kasus positif PPLN kita lakukan pemeriksaan SGTF dan Whole Genom Sequencing untuk memastikan variannya," kata Nadia.

Anang Hermansyah Viral Tanya Kapan Nikah ke Ghea Indrawari, Begini Reaksi Ashanty

Namun hingga saat ini, pihak Kementerian Kesehatan belum bisa memastikan apakah Ashanty benar terpapar varian Omicron. Sebab saat ini masih dalam proses pemeriksaan. 

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan keduanya," kata dia.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, untuk melokalisir Omicron pemerintah mengambil kebijakan semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat atau di rumah sakit atau Wisma Atlet.

Untuk diketahui, Ashanty baru-baru ini melakukan perjalanan ke Turki bersama dengan keluarga besarnya. Momen liburannya ini juga bersama dengan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah serta keluarga besar Atta Halilintar.

Di sisi lain, melalui unggahan instastorynya, Ashanty dan keluarganya diketahui tengah menjalani proses karantina di sebuah hotel mewah di Jakarta. Ashanty juga diketahui sempat menjalani proses PCR pada Kamis malam setibanya di hotel karantina.

Sebelumnya, Ashanty juga sempat positif COVID-19 pada awal Februari 2021 lalu. Dia juga sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya