Cara Olah Lidah Buaya, Bantu Atasi Asam lambung Hingga Hipertensi

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Life – Tanaman yang kerap dikenal dengan nama Aloevera ini sudah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan namun sebetulnya lidah buaya tak hanya baik untuk kecantikan saja melainkan bisa dikonsumsi agar mendapatkan manfaat baik untuk atasi beberapa jenis penyakit. Lidah buaya memiliki bentuk memanjang disertai duri pada bagian pinggirannya yang memiliki daging berwarna bening serta tebal. Bagian inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku skincare.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Namun sebetulnya lidah buaya bisa juga anda konsumsi menjadi minuman yang menyegarkan sebab lidah buaya ampuh mengatasi asam lambung diabetes hingga hipertensi. Seperti apa maskudnya? Lanjut scroll ya.

Menurut dr. Dian Elco Nora MSi (Herb), lidah buaya memiliki banyak manfaat. Seperti diketahui, lidah buaya memiliki manfaat untuk menyehatkan rambut.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lidah buaya

Photo :
  • Times of India

"Biasanya untuk salep atau untuk rambut ternyata dia bisa dikonsumsi juga dan manfaatnya luar biasa," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Kamis, 8 September 2022.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain itu, lidah buaya rupanya memiliki kandungan untuk menjaga kesimbagan asam lambung, bahkan untuk menyeimbangkan gula darah hingga meredakan gejala batuk. Seperti apa cara dan resepnya?

Bahan:
Daging lidah buaya yang sudah dibersihkan lendirnya: 2 Sendok Makan
Kay Manis: 2 Batang
Daun Pandan 1 Lembar
Air 400 cc
Madu secukupnya

Cara Pembuatan:
Cuci Bersih Lidah Buaya, buang kulit dan durri yang terdapat di daun lidah buaya
Potong-potong dan rendam dengan air kapur sirih selama 3-4 jam. Kemduian cuci sampai lendirnya hilang

Rebus kayu manis dan daun pandan dengan air 400 cc. Kira-kira 10-15 menit dengan api kecil, angkat lalu saring dan dinginkan

Ambil 2 sendok makan daging lidah buaya yang sudah bersih dari lendir.

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Photo :
  • VIVA/ Ngadri/ Kalimantan Barat

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah dan mengonsumsinya. Dalam mengolah, pastikan bahan yang dipilih masih segar. Hindari menggunakan lidah buaya yang memiliki cendawan atau bintik putih.

Lalu dalam membersihkannya, jangan sampai ada lendir tersisa. Jika tidak tepat, lendir itu memiliki efek samping pada pencernaan perut. Kemudian, tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi.

"Herbal fungsinya merevalitasasi sel, lamban tapi pasti, mengolahnya dengan benar dan tidak berlebihan," ujar Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya