Keajaiban Kunyit, untuk Pelangsing hingga Putihkan Gigi

Kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

VIVA – Kunyit banyak dimanfaatkan untuk berbagai masakan, seperti kari, atau pewarna bumbu dan saus. Rempah berwarna kuning ini juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, baik untuk dikonsumsi maupun digunakan sebagai kosmetik.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Zat circumin dalam kunyit memiliki manfaat menurunkan berat badan, antibakteri ketika diusapkan pada luka kecil atau infeksi jamur, meredakan kondisi seperti artritis, membersihkan jerawat. Selain itu, memutihkan gigi, mengatasi masalah gastrointestinal seperti kembung, kram, dan konstipasi, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Meski semua manfaat tersebut belum terbukti nyata secara ilmiah karena masih sedikit uji klinis yang dilakukan pada kunyit, tapi kunyit sudah digunakan di berbagai daerah selama ribuan tahun.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Dilansir laman Metro.co.uk, beberapa orang mengklaim kunyit membantunya mengatasi gula darah tinggi. Seorang wanita juga mengatakan kunyit menolongnya sembuh dari kanker.

Cara memanfaatkan kunyit untuk menggali khasiatnya tergantung pada jenis kunyit yang digunakan, apakah akar kunyit asli atau bubuk kunyit. Bubuk mungkin akan lebih mudah dikonsumsi karena tidak memiliki rasa pahit. Tapi jika Anda suka memakan kunyitnya saja, Anda harus membatasinya 3 gram sehari.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk memakan atau meminum kunyit, Anda bisa menambahkan satu sendok penuh kunyit sebagai bumbu kari atau memberi warna pada nasi.

Banyak pula yang meminum kunyit sebagai 'susu emas'. Beberapa orang memanfaatkan kunyit dengan menjadikannya pasta yang dicampur air atau madu. Kemudian dioleskan pada wajah untuk menghilangkan flek, luka ringan, termasuk luka bakar. Ramuan ini juga bisa digunakan sebagai masker atau pemutih gigi.

Jika Anda ingin mencoba minuman kunyit yang menyehatkan, coba praktikkan resep berikut.

Bahan:
2 cangkir susu
1 sendok makan kunyit
1/2 sendok makan kayu manis
Sedikit lada hitam (bahan ini dikatakan bisa meningkatkan daya serap tubuh)
Anda juga bisa menambahkan sedikit cabai cayenne atau sirup untuk memberi rasa manis sesuai selera.

Campur semua bahan di atas, blender hingga halus. Lalu hangatkan selama 5-10 menit. Resep ini bisa untuk beberapa porsi.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya