Jakarta Coffee Week 2023 Segera Digelar, Jelajahi Perjalanan Kopi dari Masa Lalu hingga Masa Depan

Jakarta Coffee Week 2023 akan digelar
Sumber :
  • Jakarta Coffee Week

JAKARTA – Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2023, sebuah perayaan tahunan kopi kultur Indonesia, akan kembali digelar pada 3-5 November 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 10. Memasuki tahun ke-8, Jacoweek 2023, yang didukung oleh Bank Mandiri, membawa tema 'Past, Present, Future' yang akan membawa pengunjung dalam perjalanan melalui sejarah kopi, menggali dunia kopi saat ini, dan membayangkan masa depan kopi.

Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Jacoweek yang konsisten diadakan setiap tahun, telah menjadi sebuah platform pertemuan strategis bagi pelaku
industri kopi dengan konsep one-stop shopping solution yang menghadirkan berbagai kegiatan seputar kopi dan F&B secara langsung bagi konsumen pecinta kopi.

Indonesia telah dikenal sebagai negara produsen kopi terbesar ke-3 di dunia. Pada periode 2022/2023, Indonesia berhasil memproduksi sekitar 11,85 juta kantong kopi dan mengekspor sekitar 106,69 juta ton kopi selama periode Januari hingga Mei 2023. Fakta ini menegaskan peran penting Indonesia sebagai destinasi utama dalam industri kopi, yang menjadi pusat pertemuan dan aktivitas bisnis berkembang untuk memajukan industri kopi secara lokal maupun global.

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week mengatakan, “Jacoweek 2023 menjadi ajang yang lebih istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Venue yang dua kali lebih besar dari tahun lalu memungkinkan partisipasi lebih banyak dari berbagai pihak, mulai dari penikmat kopi, barista, hingga brand kopi lokal dan internasional terkemuka. Bahkan para petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul dalam satu platform, memfasilitasi kolaborasi yang kuat bagi semua. Melalui tema 'Past, Present, Future' ini, kami berharap pengunjung yang hadir dapat flashback ke masa lalu dan melihat apa yang telah dilalui hingga membuat kopi berkembang dan eksis hingga saat ini, dan juga melihat gambaran kopi di masa depan - melalui pameran sejarah kopi dan beberapa pengalaman menarik.”

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Pada saat Jacoweek 2023, pengunjung bisa melihat secara langsung kegiatan 'Nyete' yaitu sebuah tradisi lampau melukis batang rokok dengan ampas kopi. Selain itu, tersedia sesi berbagi pengalaman. Menurut laporan Badan Pusat Statistik bertajuk Statistik Indonesia 2023, yang dikutip dari laman GoodStats, berdasarkan data dari Databoks pada periode 2022/2023 dengan para pelaku industri kopi saat ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semangat keberlanjutan industri kopi di masa depan (coffee for sustainability) juga menjadi perhatian,
termasuk bagaimana ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan bermanfaat untuk menjadi produk yang berguna.

Jacoweek 2023 sendiri akan menampilkan lebih dari 200 brand terkait kopi dan teh, baik lokal maupun internasional, termasuk pemenang penghargaan, ahli kopi, produsen, dan distributor mesin kopi dan teh, serta petani kopi dari seluruh Indonesia. Hal lainnya yang juga menarik di Jacoweek adalah kompetisi tahunan yang selalu penuh dengan keseruannya. Tahun ini, terdapat tiga kategori kompetisi yang menarik, termasuk Tarung Tiga, VNT Roasting Challenge, dan Jacoweek Cup of the Year yang dipastikan akan menambah keseruan acara bagi pengunjung yang hadir.

Memiliki visi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, penyelenggaraan Jacoweek 2023 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri. Dukungan ini diwujudkan melalui super app Livin' by Mandiri, yang memudahkan transaksi bagi seluruh partisipan dan pengunjung. Vice President Bank Mandiri, Utaminingsih Udjang meyakini, Jacoweek 2023 menjadi katalis positif terhadap industri kopi lokal maupun internasional, sekaligus menjadi jembatan dalam mensejahterakan petani kopi dan pelaku industri kopi lainnya di Indonesia. “Bank Mandiri selalu bersemangat untuk berperan dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia, salah satunya pada industri kopi yang semakin diminati. Dalam peran kami sebagai mitra resmi, Bank
Mandiri sangat senang dapat membantu mempermudah akses perbankan yang membantu semua
proses transaksi di Jakarta Coffee Week 2023,” ujar Utaminingsih Udjang.

Dia menambahkan, lewat perhelatan ini Bank Mandiri optimis industri kopi adalah penghubung yang kuat, dan berharap Jacoweek 2023 mampu menghadirkan wadah untuk menjalin koneksi yang lebih dalam bagi komunitas kopi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Jacoweek terus berkembang lebih dari sekedar acara komunitas kopi menjadi suatu platform bisnis bagi mereka yang berkecimpung dalam industri kopi. Toffin Indonesia, salah satu penyedia produk dan layanan untuk bisnis makanan & minuman dengan teknologi digital, telah menjadi tenant tetap Jacoweek sejak 2016. “Sejak diadakan pertama kalinya, kami memiliki keyakinan bahwa Jacoweek dapat terus berkembang lebih dari sekedar acara kopi. Dengan rutin mengambil bagian dalam acara ini, kami melihat potensi yang cukup besar dari Jacoweek sebagai sebuah platform acara yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku industri kopi karena disini mereka dapat bertemu langsung dengan para ahlinya, mulai dari mesin dan bahan baku,” demikian disampaikan Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, sambung Ario, Toffin Indonesia akan memperkenalkan teknologi yang dapat membantu pelaku usaha mendapatkan pengalaman berbelanja melalui satu aplikasi mobile dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artificial dan Chat GPT 3.5.

“Kami berharap, event ini dapat menarik pengunjung potensial dan pelaku bisnis untuk saling bertukar informasi hal-hal baru di industri kopi pada khususnya,” ujarnya.

Toffin Indonesia adalah pemimpin pasar yang menawarkan beragam produk dan jasa untuk bisnis kafe dan restoran. Antara lain adalah mesin kopi, mesin penggiling kopi, biji kopi, sirup untuk minuman, hingga jasa konsultasi bisnis, pengembangan menu, pelatihan barista, layanan perawatan dan perbaikan mesin, yang tersebar di 18 kota besar. Kehadiran para petani kopi dari berbagai provinsi di Indonesia pada Jacoweek 2023 tak lepas dari dukungan Jajalo dan Saka Dala. Kolaborasi ini menjadi bagian dari inisiatif berkelanjutan dalam membantu memastikan standar dan kualitas kopi yang dipersembahkan bagi seluruh komunitas kopi di Jacoweek 2023.

Keberhasilan Jakarta Coffee Week dari tahun ke tahun, tak lepas dari dukungan para sponsor yang merupakan para expert di dunia kopi dan F&B. Tahun ini, secara spesial turut mendapat dukungan dari UbruKopi, Indomilk, VNT Indonesia, Rotaryana, dan Akirakoki.

Bagi seluruh penikmat kopi yang ingin merasakan pengalaman dan keseruan rangkaian acara Jakarta Coffee Week 2023, tiket masuk dapat dibeli secara presale dengan harga Rp25,- di Livin’ Sukha melalui apps Livin’ by Bank Mandiri dimulai tanggal 26 Oktober 2023 dengan kuota terbatas. Pengunjung juga dapat membeli tiket langsung seharga Rp35.000,- per pax dengan menggunakan produk-produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS, dan Kartu e-money.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya