5 Takjil yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Mikhail Nilov

VIVA – Menjalankan puasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Saat menjalankan ibadah puasa sepertinya sudah tidak asing lagi dengan kata takjil yang beragam, makanan ini selalu hadir saat menjelang buka puasa.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Biasanya, takjil berupa makanan manis dan ringan seperti kurma, kolak pisang, es buah, gorengan dan lain sebagainya.

Namun, bagi penderita diabetes harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa, agar gula darah tetap stabil. Setidaknya ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes sebagai berikut.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

1. Es Buah

Sup Buah

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari
783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Buka puasa sangat identik dengan Es buah, rasanya yang enak dan manis serta untuk melepas dahaga setelah puasa seharian. Namun, bagi penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya agar gula darah tetap stabil. Karena makanan ini tidak hanya ada buah-buahan segar saja, biasanya es buah dikombinasikan dengan gula, kental manis, sirup sehingga rasanya akan sangat pekat.

2. Makanan Tinggi Natrium

Makanan kaleng

Photo :
  • inmagine

Makanan kalengan, makanan yang diawetkan serta daging olahan sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena makanan tersebut mengandung tinggi natrium.

3. Makanan Gorengan

Gorengan

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini, gorengan yang selalu menjadi santapan wajib saat berbuka puasa. Gorengan seperti bakwan, tahu goreng, risol, dan tempe goreng, selain rasanya yang enak dan gurih, masyarakat Indonesia menyukai makanan yang digoreng. Akan tetapi bagi penderita diabetes, makanan ini dianjurkan untuk dihindari karena gorengan mengandung kalori hingga trans lemak yang cukup tinggi.

4. Makanan Ringan Kemasan

doritoschips

Photo :
  • .thedailymeal.com

Bagi penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ringan dalam kemasan. Biasanya makanan kemasan tersebut mengandung tinggi kalori. Tidak hanya itu, bahkan beberapa jenis makanan mengandung tepung terigu, gula hingga pengawet dalam kadar yang tinggi. Sehingga, bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut dapat menghambat kinerja insulin dalam tubuh dan meningkatkan gula darah.

5. Buah Kering

Berbagai buah-buahan yang dikeringankan mengandung kadar gula yang cukup tingi. Karbohidrat didalamnya diklaim empat kali lebih banyak dari buah segar. Berbagai macam buah kering tidak dianjurkan untuk di konsumsi bagi penderita diabetes karena berisiko meningkatkan lonjakan gula darah. Disarankan pilih buah-buahan yang masih segar alami untuk dikonsumsi, seperti apel, jeruk, jambu biji, pir, anggur dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya