Bersenjata Pacul dan Karung, Pasukan Tempur 732 Banau TNI Serbu Pasar Jailolo

VIVA Militer: Prajurit Yonif 732 Banau serbuan ke Pasar Jailolo.
Sumber :
  • Yonif 732 Banau

VIVA – Jumat pagi, 8 Desember 2023, puluhan prajurit TNI mendadak mendatangi Pasar Jailolo, Desa Gufasa, Kabupaten Halmahera Barat.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

Prajurit-prajurit ini merupakan pasukan tempur dari Batalyon Infanteri 732/Banau, Komando Resor Militer 152/Babullah, Kodam XVI/Pattimura.

Mereka datang dengan mengenakan baju kaos dinas olahraga TNI Angkatan Darat dan hanya beberapa yang mengenakan baju loreng hijau khas dari militer Tanah Air.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

VIVA Militer: Prajurit Yonif 732 Banau serbuan ke Pasar Jailolo.

Photo :
  • Yonif 732 Banau

Menurut Komandan Yonif 732/Banau, Letnan Kolonel Inf Wahyu Widya Sasono, para kesatria Banau menyerbu Pasar Jailolo bukan buat berbelanja atau cuci mata. Tapi pasukan dikerahkan untuk melaksanakan karya bhakti membersihkan lingkungan sekitar Pasar Jailolo.

Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

Alumni Akademi Militer 2004 Arupadatu itu mengatakan, pasukan Banau tak bergerak sendiri, tapi juga bersama dengan prajurit-prajurit dari Koramil 03 Jailolo, serta Satgas Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Halmahera Barat dan masyarakat Desa Gufasa.

VIVA Militer: Prajurit Yonif 732 Banau serbuan ke Pasar Jailolo.

Photo :
  • Yonif 732 Banau

Dengan bersenjatakan pacul, sekop, karung dan plastik sampah. Prajurit Yonif 732 Banau langsung bergerak memberantas habis sampah-sampah yang di jalanan dan area pasar. Enggak cuma itu saja, prajurit juga turun ke saluran air mengangkat sampah dan timbunan lumpur yang selama ini menjadi permasalahan utama yang selalu dikeluhkan masyarakat.

Dan dalam sekejap, area pasar, jalanan dan saluran air dibuat bersih bebas dari sampah oleh pergerakan prajurit TNI dan masyarakat.

Gerakan karya bhakti ini tak cuma berlangsung kali ini saja, pasukan Yonif 732/Banau akan bergerak ke lokasi-lokasi lain di Halmahera Barat untuk membantu masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Baca: Innalillahi.. Wakil Komandan Pasukan Ular TNI Kodam Papua, Kapten M Rayhan Meninggal Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya