Awas Salah Masuk Ruangan Ini di Rest Area saat Mudik Lebaran

Ilustrasi Rest Area.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

Jakarta, 2 April 2024 - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business, melakukan perombakan besar-besaran pada toilet di rest area untuk menyambut mudik Lebaran tahun ini.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Hal ini dilakukan, untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan yang ingin beristirahat di rest area baik saat pulang ke kampung halaman maupun kembali ke kota tempat mereka beraktivitas sehari-hari.

Perubahan signifikan yang dilakukan yakni penambahan 599 bilik toilet fungsional di berbagai rest area, untuk mengatasi antrean panjang di toilet, terutama toilet wanita.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Pengalihan fungsi toilet pria menjadi toilet wanita di beberapa rest area juga dilakukan, karena berdasarkan data JMRB bahwa antrean di toilet wanita umumnya lebih panjang daripada toilet pria. Toilet pria nantinya akan dialihkan ke toilet fungsional.

Toilet di rest area yang diberi jarak pembatas antrean

Photo :
  • dok. Jasa Marga
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Perusahaan juga meningkatkan pasokan air bersih di toilet, untuk memastikan ketersediaan air yang memadai bagi pengguna jalan.

Direktur Utama JMRB, Denny Abdurachman mengatakan bahwa perubahan ini merupakan bagian dari komitmen Jasa Marga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan selama mudik Lebaran.

“Kami ingin memastikan pengguna jalan mendapatkan kenyamanan maksimal saat beristirahat di rest area, salah satunya dengan memastikan toilet yang bersih, nyaman, dan mudah diakses," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif.

Denny menambahkan, selain perombakan toilet Jasa Marga juga melakukan berbagai persiapan lainnya untuk mendukung mudik Lebaran. Berikut daftarnya:

1. Penambahan 49 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area untuk mengakomodasi pengguna kendaraan listrik.

2. Kolaborasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU rest area.

3. Penyelenggaraan 29 posko kesehatan di sejumlah rest area untuk membantu pengguna jalan yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan selama perjalanan.

Ilustrasi rest area dipenuhi pemudik

Photo :
  • TMC Polda Metro

4. Penambahan 141 petugas pengatur lalu lintas untuk membantu kelancaran arus kendaraan di rest area.

5. Penambahan petugas keamanan yang bersiaga selama 24 jam untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di rest area. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya