Pabrikan Mobil Listrik Asal China Ini Sudah Tembus Produksi 7 Unit

Pabrik mobil listrik BYD
Sumber :
  • ET Auto

China, 4 April 2024 –  BYD menjadi salah satu produsen kendaraan pertama yang sukses mencetak 7 juta unit kendaraan listrik. Hebatnya, pencapaian ini hanya berselang empat bulan dari perayaan produksi mobil listrik ke-6 juta unit jenama asal Cina tersebut.

BYD Ungkap Konsumen Mobil Listriknya Punya Karakter Berbeda

Dilansir VIVA Otomotif dari ET Auto, Kamis 4 April 2024,  total 7 juta unit produksi BYD, setengahnya adalah mobil listrik murni, dan setengahnya lagi adalah model plug-in hybrid (PHEV). Penjualan BYD sendiri sudah dimulai sejak 2008.

Tercatat, hingga akhir Februari 2024, BYD sudah menjual sekitar 3,5 juta unit mobil listrik. Di negara asalnya, kendaraan PHEV merupakan bagian dari kategori New Energy Vehicle (NEV) bersama dengan kendaraan hidrogen.

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Pabrik mobil listrik BYD

Photo :
  • ET Auto

Pada 2023, BYD meningkatkan penjualan mobil listrik plug-in penumpangnya sebesar 62 persen dari tahun ke tahun, menjadi lebih dari 3 juta unit (termasuk 1,57 juta unit mobil listrik). Sedangkan ekspor dari China, sudah melebihi 240 ribu unit atau naik 337 persen dari tahun ke tahun.

Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

Perlu diketahui, bahwa mobil listrik ke-7 juta unit BYD sendiri, adalah Denxa N7 all-electric. Model ini, merupakan salah satu pesaing dari Tesla Model Y, dan model ini diproduksi di pabrik BYD Jinan, Cina.

BYD sendiri kini menjadi merek pemimpin pasar mobil listrik di dunia, mengalahkan Tesla pada kuartal keempat 2023. Penjualan pada tahun lalu, juga dilaporkan sebanyak 3,02 juta unit, dan mempertahankan kepemimpinannya di pasar NEV global.

BYD Yuan UP

Photo :
  • Carnewschina

Saat ini, BYD dikabarkan mulai uji coba produksi di pabrik Thailand. Produksi massal di Negeri Gajah Putih ini, akan dimulai pada bulan depan.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas hingga 150 ribu unit mobil per tahun. Sementara itu, pada April 2024, BYD juga akan mulai membangun pabrik perakitan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya