Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Robotaxi Tesla
Sumber :
  • Notateslaapp site

Amerika Serikat – Produsen kendaraan asal Amerika Serikat, Tesla siap meluncurkan Robotaxi sebagai layanan taksi tanpa sopir atau otonom pada 8 Agustus, 2024 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh CEO Tesla, Elon Musk.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Noteslaapp pada Rabu, 10 April 2024, Elon Musk memberikan pengumuman ini melalui media sosial X beberapa waktu lalu. Robotaxi sendiri diungkapkan akan siap diproduksi massal pada tahun 2024.

Untuk diketahui, taksi otonom ini sudah bertahun-tahun dalam proses pembuatan dan yang selalu dibicarakan oleh Elon Musk sebagai game changer dari Tesla.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Idenya adalah untuk menciptakan mobil yang sepenuhnya dapat mengemudi sendiri tanpa setir atau pedal.

Chairman Tesla, Elon Musk.

Photo :
  • baltimoresun.com
Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Tetapi, rencana Musk terhadap peluncuran Robotaxi ini sempat tertunda selama bertahun-tahun. Pada tahun 2019, Tesla mengklaim taksi otonom-nya akan beroperasi pada tahun 2020. Namun hal tersebut tidak terjadi, dikutip dari the Indian Express.

Kesulitan dalam merilis taksi otonom ini dikarenakan aspek swakemudi nya. Meskipun Tesla telah membuat langkah besar dengan FSD v12, versi pertama yang keluar dari versi Beta ini masih sistem level-2 yang membutuhkan pengawasan pengemudi aktif.

Kendaraan yang sepenuhnya otonom masih merupakan lompatan besar dari posisi FSD Tesla saat ini, tetapi seperti yang dilihat dengan lompatan dari FSD v11 ke v12, banyak yang bisa berubah dalam 18 hingga 24 bulan ke depan.

Sejauh ini, Tesla belum mengungkapkan apapun tentang rangkaian sensor yang dipertimbangkan untuk robotaxi, tetapi mengingat semua pekerjaan dalam visi dan kemajuan FSD, hal ini diharapkan akan serupa dengan yang sudah tersedia saat ini.

Dengan semakin dekatnya peluncuran Robotaxi, publik akan segera mengetahui lebih banyak detail tentang rencana Tesla di masa depan dan kendaraan yang benar-benar otonom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya