All New Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Jadi Pesaing Honda CR-V Hybrid di RI

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023
Sumber :
  • Dok: Hyundai

Jakarta – All New Hyundai Santa Fe akan masuk pasar Indonesia, kabarnya Hyundai Santa Fe generasi baru itu akan meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Mobil SUV Chery Paling Mewah Siap Masuk Indonesia Bulan Depan

Artinya sekitar dua bulan lagi mobil SUV (Sport Utility Vehicle) terbaru Hyundai itu hadir di RI, mengingat pameran otomotif tahunan tersebut berlangsung pada 18-28 Juli 2024.

Sebelum resmi dijual di Indonesia, Hyundai Santa Fe generasi terbaru sudah berseliweran di jalan raya dalam proses uji coba, acap kali penampakannya tertangkap kamera dengan selubung kamuflase.

Jangan Kaget Lihat Isi Bagasi Belakang Pajero Sport Ini

Mobil SUV itu memiliki desain yang cukup radikal dibandingkan versi sebelumnya yang masuk RI sejak 2021. Desain eksteriornya yang boksi dengan banyak lekukan patah di setiap sudutnya sangat mencuri perhatian.

Bodinya tampak kaku sekilas mirip Land Rover, atau mobil-mobil SUV di pasar Amerika Serikat yang cendrung bongsor, dan gagah. Lampu utamanya sudah proyektor LED dilengkapi DRL (daytime running light).

Berburu Diskon Mobil Listrik Menarik di Jakarta Fair 2024

Meski terlihat besar, panjangnya tidak melebihi Palisade, hanya 4.830 mili meter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm. Tapi  lebih panjang 45 mm, lebih tinggi 10 mm, dan wheelbase lebih panjang 50 mm dari versi sebelumnya.

SUV besutan Korea Selatan itu terdapat dua pilihan di pasar global. Pertama, ada mesin bensin 2.500cc turbo berkode Theta III dengan tenaga maksimal 281 PS, dan torsi 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sedangkan pilihan keduanya dibuat ramah lingkungan dengan menggabungkan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik, alias hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.

Jika versi hybrid masuk Indonesia, maka All New Honda CR-V e;HEV akan mendapatkan pesaing yang setimpal, meski secara kapasitas mesin lebih besar. Namun tidak ada informasi terkait varian Santa Fe baru yang akan dipasarkan.

Meski tidak menutup kemungkinan Santa Fe Hybrid berpotensi besar dijual. Sesuai dengan target PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) untuk menghadirkan produk-produk ramah lingkungan, selain mengandalkan mobil listrik berbasis baterai.

“Tetapi saya belum bisa berbicara sekarang, apakah Santa Fe akan ada varian hybrid atau tidak. Yang pasti kita fokus di mobil listrik,” ujar Chief Marketing Officer PT HMID, Budi Nur Mukmin kepada wartawan, dikutip, Senin 27 Mei 2024.

Sebelumnya salah satu tenaga penjual diler Hyundai menyebut, bahwa konsumen yang tertarik dengan produk terbarunya itu sudah bisa melakukan pemesanan, karena peluncuran resminya akan dilakukan saat GIIAS 2024.

“Bisa pesan sekarang kalau minat Santa Fe terbaru. Harganya pasti berubah dari yang model sekarang, kan perubahannya banyak,” ujar salah satu sales diler yang enggan disebut namanya kepada Viva Otomotif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya