Intip Spek Motor Matik Mirip Vario yang Dijual Rp18 Jutaan

Motor Mirip Honda Kharisma
Sumber :

VIVA – Honda Vario hadir dengan fitur dan teknologi terkini, selain itu dengan dilengkapi bagasi yang besar membuat motor tersebut fungsion, sehingga banyak yang memilih motor matik tersebut untuk memenuhi kebutuhan mobilitas.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Karena keunggulannya, membuat pabrikan asal Malaysia yakni Motosikal dan Enjil Nasional SDN Bhd atau Modenas resmi menjual Karisma yang tampilannya mirip Honda Vario 125.

Modenas pertama kali memperkenalkan skuter pada Agustus 2003, kala itu motor tersebut jadi sejarah bagi Modenas untuk memulai debutnya di segmen skuter.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Sejak saat itu, Karisma 125 telah menjadi salah satu model skutik andalan di pasaran, yang dikenal dengan value for money.

Modenas Karisma 125S

Photo :
  • Paultan
Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Modenas Karisma terakhir mengalami pembaruan pada tahun 2016, sehingga ketika meluncurkan facelift tahun 2022 ini, tampilan Modenas Karisma 125S hadir mengikuti tren skutik era sekarang. 

"Karena pasar melihat peningkatan permintaan sepeda motor jenis skuter, dengan meluncurkan model baru ini, Modenas tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk lebih memperluas segmen pasar skuter di Malaysia," kata Roslan Roskan, Chief Executive Modenas dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi, Selasa 1 Maret 2022.

Modenas Karisma 125S dibekali mesin 124,8 cc, dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi, dan sudah lolos uji emisi Euro 4.

Mesin 125 cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 7 kW atau setara dengan 9,38 HP di 7.500 RPM dan torsi 10 Nm di 6.000 RPM. Motor ini memiliki dimensi yang terbilang kompak. Panjangnya hanya 1.890 mm, lebarnya 670 mm, dan tingginya 1.120 mm. 

Jarak sumbu rodanya 1.250 mm dan tinggi joknya 770 mm, namun bobotnya tak bisa dibilang enteng, Karisma 125S punya bobot 108 kg. Urusan kaki-kaki, Karisma 125S mengusung cast wheel ring 14 untuk bagian depan dan belakang. 

Peleknya ini dibalut ban ukuran 80/90 di depan dan 90/90 di belakang, sementara untuk sistem pengereman, motor ini mengandalkan cakram di depan dan tromol di belakang. Biar punya kesan modern, Modenas menyematkan lampu utama full LED yang lengkap dengan DRL. 

Selain itu, Modenas sudah membekali Karisma 125S dengan lubang pengecasan USB di area kompartemen dashboard, lampu hazard, hingga bagasi seluas 14 liter untuk menunjang akomodasi.

Modenas Karisma 125S baru ini sudah tersedia di seluruh jaringan dealer Modenas di Malaysia, dengan harga RM 5.397, jika dikonversi ke Rupiah maka nilainya setara dengan Rp 18,3 jutaan di luar biaya asuransi dan juga pajak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya